Giorgio Vasari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Giorgio Vasari

Giorgio Vasari (lahir 30 Juli 1511, wafat 27 Juni 1574) adalah seorang pelukis dan arsitek Italia, yang terkenal hari ini akan tulisan biografinya mengenai seniman-seniman Italia. Tulisan ini dianggap sebagai dasar ideologis dari karya-karya tulis sejarah seni saat ini.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Vasari dilahirkan di Arezzo, Tuscany. Atas rekomendasi oleh sepupunya Luca Signorelli di usianya yang muda, ia menjadi anak didik Guglielmo da Marsiglia, seorang pelukis kaca hias yang mahir. Pada usia enam belas tahun ia dikirim ke Florensia oleh Kardinal Silvio Passerini. Disana ia bergabung dengan kelompok Andrea del Sarto serta murid-muridnya Rosso Fiorentino dan Jacopo Pontormo dimana pendidikan humanis-nya dikembangkan. Ia lantas berteman dengan Michelangelo yang memengaruhi gaya melukisnya di kemudian hari.

Pada tahun 1529 ia mengunjungi Roma dan mempelajari karya-karya Raphael dan seniman-seniman lainnya di puncak zaman Renaissance Romawi. Karya-karya lukis Vasari yang bergaya Manneris lebih banyak dikagumi di masa hidupnya daripada setelahnya. Ia secara konsisten disewa oleh para pecinta seni di Keluarga Medici di Florensia dan Roma, selain juga bekerja di Napoli, Arezzo dan tempat-tempat lainnya. Lukisan-lukisannya banyak yang masih ada hari ini. Karya-karyanya yang terpenting berada di dinding dan langit-langit Sala di Cosimo I di dalam Palazzo Vecchio di Florensia, dimana ia dan para pembantunya bekerja dari tahun 1555, dan lukisan-lukisan dindingnya yang tak sempat terselesaikan di dalam cupola luas Duomo, yang diselesaikan oleh Federico Zuccari dengan bantuan Giovanni Balducci. Ia juga membantu penataandekorasi Studiolo yang kini ditata ulang di dalam Palazzo Vecchio.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]