Perdana Menteri Yunani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perdana Menteri Republik Yunani
Coat of Arms of Greece (Monochromatic).svg
EPP Zagreb Congress in Croatia, 20-21 November 2019 (49099472986) (cropped3).jpg
Petahana
Kyriakos Mitsotakis

sejak 8 Juli 2019
GelarTuan/Bapak Perdana Menter (informal)
Yang Terhormat[1] (formal)
StatusKepala pemerintahan
Anggota
Atasan
KediamanIstana Maximos
Ditunjuk olehPresiden Yunani
Masa jabatanEmpat tahun, dapat diperbarui
Pejabat perdanaSpyridon Trikoupis
Dibentuk13 Januari 1822; 199 tahun lalu (1822-01-13)
WakilWakil Perdana Menteri
Gaji99.420 per tahun[2]
Situs webSitus resmi Perdana Menteri Yunani

Perdana Menteri Yunani (bahasa Yunani: Πρωθυπουργός της Ελλάδας, Prothypourgós tis Elládas), secara resmi disebut Perdana Menteri Republik Yunani (bahasa Yunani: Πρωθυπουργός της Ελληνικής Δημοκρατίας, Prothypourgós tis Ellinikís Dimokratías) adalah kepala pemerintahan Yunani dan pemimpin Kabinet Yunani. Perdana Menteri yang menjabat saat ini adalah Kyriakos Mitsotakis.

Kantor resmi Perdana Menteri (bukan kediaman) adalah Istana Maximos di pusat kota Athena. Jabatan tersebut disebutkan dalam Konstitusi sebagai Perdana Menteri ataupun Presiden Pemerintahan (Πρόεδρος Κυβερνήσεως). Alasan tersebut menjadikan Perdana Menteri juga disapa "Tuan/Bapak Presiden."

Pemilihan dan penunjukan[sunting | sunting sumber]

Perdana Menteri ditunjuk oleh Presiden Yunani. Menurut Pasal 37 Konstitusi Yunani, Presiden Republik Yunani akan menunjuk pemimpin partai politik dengan mayoritas mutlak di Parlemen sebagai perdana menteri. Jika tidak terdapat partai yang memiliki mayoritas absolut, Presiden memberikan mandat kepada pemimpin partai dengan mayoritas relatif (pluralitas) untuk memastikan dimungkinkannya membentuk kabinet pemerintahan yang mendapat kepercayaan dari Parlemen.

Jika hal tersebut tidak dapat dipastikan, Presiden memberikan mandat kepada pemimpin partai terbesar kedua di Parlemen dan jika terbukti tidak berhasil, akan diberikan mandat kepada pemimpin partai terbesar ketiga di parlemen. Setiap mandat akan berlaku selama tiga hari.

Jika seluruh mandat tersebut terbukti tidak berhasil, Presiden memanggil semua pemimpin partai, dan jika tidak dapat membentuk kabinet dengan kepercayaan dari parlemen, Presiden akan berusaha untuk membentuk kabinet yang terdiri dari seluruh partai yang terdapat di parlemen dengan tujuan untuk diselenggarakannya pemilihan umum. Jika gagal, Presiden akan mempercayakan Presiden Mahkamah Agung Administrasi atau Mahkamah Agung Perdata dan Pidana atau Pengadilan Audit untuk membentuk kabinet yang sebisa mungkin dapat diterima untuk melaksanakan pemilihan setelah Presiden membubarkan Parlemen.

Oleh karena itu, pemilihan umum legislatif sama dengan pemilihan perdana menteri dari pemimpin partai tersebut.[3]

Sumpah jabatan[sunting | sunting sumber]

Sumpah jabatan secara keagamaan[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjabat, Perdana Menteri dilantik dalam upacara keagamaan di Istana Presiden. Perdana Menteri dilantik oleh Uskup Agung Athena yang merupakan kepala Gereja Yunani. Uskup Agung memulai dengan beberapa doa dan Kyrie Eleison, dan kemudian Perdana Menteri terpilih meletakkan tangannya di atas Alkitab yang diletakkan di antara dua lilin yang menyala, Alkitab dan dua lilin diletakkan di atas meja antara Perdana Menteri dan Uskup Agung. Setelah Uskup Agung mengucapkan doa dan Kyrie Eleison, Perdana Menteri terpilih kemudian mengucapkan sumpah jabatannya. Berikut adalah terjemahan bebas dari sumpah jabatan tersebut:

"Saya bersumpah atas nama Tritunggal Mahakudus, Sehakikat, dan Tak Terpisahkan untuk melindungi Konstitusi dan peraturan perundang-undangan, dan untuk kepentingan umum Rakyat Yunani."

Uskup Agung kemudian mengucapkan beberapa berkat dan para hadirin membuat tanda salib sebanyak tiga kali. Uskup Agung kemudian memberikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri baru, yang kemudian berjabat tangan dengan Presiden sebelum dokumen pelantikan ditandatangani.

Sumpah jabatan secara sipil[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2015, Aleksis Tsipras, mengaku dirinya sebagai seorang Atheis, menjadi Perdana Menteri pertama yang memilih pengucapan janji secara sekuler daripada pengucapan sumpah agama. Tsipras dilantik oleh Presiden Karolos Papoulias sebagai ganti Uskup Agung Athena, dan sebagai pengganti sumpah, Tsipras mengucapkan janji jabatan.[4] Berikut adalah terjemahan secara bebas:

"Tuan Presiden, saya ingin meyakinkan Anda, atas kehormatan dan hati nurani saya, bahwa saya akan mengikuti Konstitusi dan peraturan perundang-undangan, dan akan selalu melayani kepentingan umum Rakyat Yunani."

Tsipras kemudian berjabat tangan dengan Presiden, yang memberikan ucapan selamat kepadanya, sebelum melanjutkan untuk menandatangani dokumen resmi seperti biasa.

Ketika Tsipras kembali menjabat sebagai Perdana Menteri, pada tanggal 21 September 2015, Presiden Prokopis Pavlopoulos memutuskan bahwa pengucapan janji jabatan harus lebih formal. Berikut adalah terjemahan secara bebas:

"Saya berjanji, atas kehormatan dan hati nurani saya, bahwa saya akan mengikuti Konstitusi dan peraturan perundang-undangan, dan akan melayani kepentingan umum Rakyat Yunani."

Daftar Perdana Menteri Republik Yunani Ketiga[sunting | sunting sumber]

Kantor resmi[sunting | sunting sumber]

Istana Maximos telah menjadi kantor resmi Perdana Menteri Yunani sejak tahun 1982. Terletak di pusat Athena, dekat Lapangan Syntagma. Meskipun bangunan tersebut digunakan sebagai kantor kepala Pemerintahan Yunani, namun bangunan tersebut tidak digunakan sebagai kediaman resmi Perdana Menteri.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]