Primat-pangeran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Primat-pangeran (Jerman: Fürstprimas, Hungaria: hercegprímás) adalah gelar langka pangeran dipegang oleh individu (pangeran-) uskup agung dari tahta tertentu dalam kapasitas memimpin majelis agung yang sebagian besar terdiri dari pangeran-pangeran sekuler, khususnya sebagai berikut:

Jerman-Konfederasi Rhine[sunting | sunting sumber]

Rheinbund atau 'Konfederasi Rhine' didirikan pada tahun 1806, ketika beberapa negara bagian Jerman memisahkan diri dari Kekaisaran Romawi Suci dan bersekutu dengan Kaisar Napoleon dari Prancis, yang menduduki posisi Pelindung Konfederasi Rhine. Jabatan tertingginya dipegang oleh Karl Theodor von Dalberg, pertama Uskup Agung Mainz dan kemudian Regensburg. Dia telah menjadi yang pertama di antara para pangeran Kekaisaran Romawi Suci dan menatanya Kanselir Agung, dan karena itu diberi peringkat pertama di antara para pangeran dari Konfederasi baru dan gelar Fürstprimas , 'Pangeran Primata'. Karena itu dia memimpin College of Kings dan Diet of the Confederation, majelis mirip senat yang tidak pernah benar-benar berkumpul.

Selama masa jabatannya sebagai pangeran-primata, Dalberg adalah Uskup Agung Regensburg (di Bavaria) dan pada awalnya Fürst (pangeran yang berkuasa) dari Aschaffenburg. Sejak 19 September 1806 wilayahnya termasuk bekas Reichsstadt dan pada 16 Februari 1810 Dalberg dipromosikan menjadi pangkat sekuler [[Kadipaten Agung Frankfurt|Adipati Agung Frankfurt] ], pemimpin dari mantan Reichsstadt lainnya (di Utama yang lebih rendah, terkurung di Pemilih Mainz, sekarang di Hessen) . Pada saat yang sama, Napoleon menunjuk anak tirinya Eugène de Beauharnais — dikecualikan dari suksesi kekaisaran Prancis — sebagai pewaris Kadipaten Agung.

Menjelang runtuhnya Kekaisaran Prancis Pertama, Dalberg mengundurkan diri dari posisi sekulernya dan Beauharnais menggantikannya sebagai Adipati Agung, meskipun hal ini tidak berdampak praktis, karena pembubaran Konfederasi monarki) juga membuat posisi itu diperdebatkan.

Hongaria[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan martabatnya sebagai primat apostolik dinasti Habsburg Kerajaan Hongaria, Uskup Agung Esztergom menikmati hak istimewa yang luar biasa , sehingga dia diberi gelar pangeran primata'.

Primat berhak mengadakan sinode nasional, adalah [[Wakil Kepausan#Legatus Natus|Legatus Natus dari Gereja Roma Suci]], dan karena itu memiliki hak, di dalam kedutaannya (wilayah di mana ia mewakili paus), agar salib dipikul di hadapannya, ditangani langsung dengan Roma dan memiliki hak visitasi di lihat episkopal dan rumah-rumah religius di Hongaria, kecuali pengecualian Archabbey Pannonhalma (S. Martinus di Monte Pannoniæ).

Sejak 1715, primat tersebut juga telah menjadi Reichsfürst, seorang pangeran yang berkuasa di Kekaisaran Romawi Suci, bergelar Pangeran Primata. Dia adalah kepala dan penasihat kanselir kerajaan Hongaria, dan dengan demikian penjaga meterai agung. Sebelumnya dia juga anggota mahkamah agung, dan sebelumnya adalah gubernur, raja muda dan főispán ('turun-temurun' tuan-letnan) Kabupaten Esztergom. Primata juga berhak (mendelegasikan regalia) untuk mengawasi mint kerajaan di Kremnica (Jerman: Kremnitz, Templat:Lang- hu), di mana dia menerima jumlah yang signifikan dari pendapatan seigniorage miliknya, yang disebut jus piseti ('hak'). Berdasarkan kebiasaan kuno, dia memiliki hak untuk memahkotai Raja Hongaria dan mengurapi ratu. Dengan pemberian properti keuskupan agung, dia pada suatu waktu dapat memberikan bangsawan (Prädialadel), hak prerogatif pangeran lain yang jarang didelegasikan (biasanya hanya kesatria yang diizinkan untuk bangsawan yang tidak berdaulat). Hak istimewa lainnya adalah haknya untuk mengambil sumpah di depan pengadilan melalui wakilnya, dan bukan secara pribadi.

Primat juga adalah imam kepala dan kanselir bangsa Hongaria Ordo St. Stefanus, didirikan pada tahun 1764. Sebagai spanduk pertama ( baro regni) Hongaria, dia adalah Magnate, yaitu anggota Majelis Tinggi.

Referensi[sunting | sunting sumber]