Kepala biara-pangeran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kepala biara-pangeran (Jerman: Fürstabt) adalah gelar untuk imam yang adalah Pangeran Gereja (seperti Pangeran -uskup), dalam artian "ex officio" penguasa sementara dari entitas feodal, biasanya sebuah Negara dari Kekaisaran Romawi Suci. Wilayah yang diperintah oleh biara pangeran dikenal sebagai biara pangeran, pangeran-biara atau kerajaan biara. Pemegangnya, bagaimanapun, tidak memegang jabatan gerejawi dari uskup.

Biara yang ditunjuk dapat berupa komunitas biarawan atau biarawati. Jadi, karena kemungkinan itu adalah biara wanita, kepala sekolah biara adalah salah satu dari sedikit kasus di mana aturan dapat dibatasi untuk pemegang jabatan wanita, dengan gaya Putri-Abbess.

Dalam beberapa kasus, pemegangnya adalah Pangeran Kekaisaran Romawi Suci (Reichsfürst), dengan kursi dan hak suara langsung (votum virile) di Diet Kekaisaran. Namun, sebagian besar immediate abbas, meski menyandang gelar "Pangeran-Abbot", hanya menyandang status Prelat Kekaisaran dengan suara kolektif di Diet Kekaisaran. Prelat Kekaisaran diwakili dalam Diet oleh utusan dari Lingkaran Swabia dan Perguruan Tinggi Rhenish, keduanya memegang satu suara kolektif. Pangeran-Abbot yang sebenarnya adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]