Kanselir (Gereja Katolik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kanselir adalah gelar gerejawi yang digunakan oleh beberapa pejabat yang cukup berbeda dari beberapa gereja Kristen.

  • Di beberapa gereja, Kanselir keuskupan adalah pengacara yang mewakili gereja dalam masalah hukum.
  • Dalam Gereja Katolik seorang kanselir adalah kepala pencatat keuskupan atau eparki atau yang setara. Biasanya seorang imam, terkadang diaken atau orang awam, kanselir menyimpan arsip resmi keuskupan, sebagaimana notaris mengesahkan dokumen, dan umumnya mengelola kantor administrasi (dan terkadang keuangan dan personalia) keuskupan. Mereka mungkin dibantu oleh wakil rektor. Meskipun mereka mengelola dokumen dan kantor (disebut "kanselir"), mereka tidak memiliki otoritas yurisdiksi yang sebenarnya: uskup dari keuskupan menjalankan otoritas pengambilan keputusan melalui vikaris yudisial, dalam urusan yudisial, dan vikaris jenderal untuk urusan administrasi.
  • Di Gereja Inggris, Kanselir adalah hakim pengadilan konsistori keuskupan. Jabatan kanselir keuskupan secara teknis menggabungkan jabatan Kepala Resmi (yang memimpin, dan mewakili uskup dalam pengadilan konsistori) dengan jabatan Vikaris Jenderal (yang bertindak sebagai wakil uskup dalam urusan hukum dan administrasi non-yudisial ).[1] Jabatan itu juga dikenal secara historis di beberapa keuskupan sebagai Komisaris atau Komisaris Jenderal, dan Komisaris Jenderal tetap menjadi gelar biasa di Keuskupan Canterbury.
  • Di katedral Gereja Inggris, Kanselir Kanon (lebih biasanya dikenal sebagai Kanselir) adalah salah satu dari kanon katedral yang memiliki tanggung jawab khusus untuk masalah pendidikan dan beasiswa, seringkali bertindak sebagai katedral pustakawan dan arsiparis. Rektor umumnya adalah salah satu dari empat pejabat utama di bab katedral, yang lainnya adalah Dekan, Presentor dan Bendahara.
  • Di Gereja Metodis Bersatu, setiap Konferensi Tahunan memiliki Kanselir Konferensi, yang merupakan pengacara aktif atau pensiunan atau hakim yang menjabat sebagai penasihat hukum dan perwakilan Konferensi Tahunan. Sementara Konferensi Tahunan biasanya akan mempekerjakan penasihat profesional luar dalam masalah hukum yang membutuhkan perwakilan hukum, perekrutan dan perwakilan tersebut dilakukan di bawah pengawasan, dan dengan persetujuan, dari Rektor Konferensi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chapman, Colin R. (1992). Pengadilan Gerejawi, Pejabatnya dan Catatannya. Dursley: Lochin. hlm. 29 –31. ISBN 187368603X.