Postulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Postulan (dari bahasa Latin: postulare, untuk bertanya) awalnya adalah orang yang membuat permintaan atau tuntutan; karenanya, seorang kandidat. Penggunaan istilah ini sekarang secara umum terbatas pada mereka yang meminta izin masuk ke biara Katolik atau ordo religius untuk periode waktu sebelum masuk ke novisiat.

Istilah ini paling sering digunakan di Gereja Katolik, Gereja Lutheran, dan Komuni Anglikan (yang mencakup Gereja Episkopal, yang menggunakan istilah tersebut untuk menunjuk mereka yang mencari penahbisan diakonat atau imamat. Dalam hal ini, postulat umumnya dianggap sebagai langkah formal pertama menuju pencalonan dan penahbisan). Gereja Ortodoks Timur lebih jarang menggunakan istilah ini.

Tujuan, durasi dan pembentukan[sunting | sunting sumber]

Biarawati dalam prosesi tahun 1915. Para postulan dengan pakaian mereka berjalan di depan para biarawati.

Jangka waktu seorang calon postulan tetap menjadi postulan dapat bervariasi tergantung pada institusi, atau situasi individu postulan. Di antara lembaga keagamaan yang aktif, biasanya berlangsung selama 4–6 bulan. Saat ini, banyak biara memiliki kandidat yang menghabiskan 1–2 tahun dalam tahap ini. Di Gereja Katolik petunjuk pelaksanaan Cor orans menentukan bahwa postulat dalam komunitas kontemplatif memiliki durasi minimal dua belas bulan tetapi tidak boleh lebih dari dua tahun.[1] Selama waktu ini, postulan umumnya berpartisipasi sepenuhnya dalam kehidupan komunitas, bergabung dengan novis dan anggota yang berprofesi dan hidup bersama komunitas. Biasanya postulan mengikuti pendidikan formal yang diberikan kepada novis. Beberapa komunitas lebih memilih postulan untuk memakai pakaian tertentu (karena ini agak umum sampai dikeluarkannya Dekrit Penyesuaian dan Pembaruan Kehidupan Religius) pada tahun 1963, di komunitas lain mereka memakai pakaian polos sendiri sampai upacara pengukuhan resmi.

Karena postulan, sebagai novis, bukan anggota lembaga pada tahap ini, lebih mudah bagi pria atau wanita yang tidak sepenuhnya yakin tentang kehidupan religius untuk memeriksa kembali niat dan komitmennya sebelum membuat kaul apapun. Demikian pula, jika orang tersebut dianggap tidak cocok dengan kehidupannya, dia dapat diberhentikan oleh suatu lembaga tanpa perlu prosedur formal.

Istilah ini juga kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan status gerejawi seseorang yang telah melihat panggilan ke imamat atau ke diakonat dan telah menerima pengesahan paroki dan keuskupan. Kandidat mempertahankan status postulan selama seminari, sampai tahbisan ke transisi diakonat terjadi. Postulan yang tidak mau mengejar pentahbisan menjadi imamat ditahbiskan menjadi diakonat panggilan.

Persaudaraan kampus[sunting | sunting sumber]

Dalam persaudaraan perguruan tinggi, istilah "postulan" juga digunakan untuk menggambarkan mereka yang belum diinisiasi ke dalam persaudaraan, sementara mereka sedang menjalani proses menjadi seorang saudara laki-laki atau perempuan.<ref>"Home - Persaudaraan Nasional Alpha Chi Rho". Persaudaraan Nasional Alpha Chi Rho (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-16. </ ref>

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cor orans, Instruksi Pelaksanaan konstitusi apostolik Vultum Dei quaerere tentang kehidupan kontemplatif perempuan, No. 275