Ofisialis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam hukum kanon, kata atau aslinya dalam bahasa Latin officialis digunakan secara mutlak sebagai gelar resmi dari vikaris yudisial uskup diosesan yang berbagi kekuasaan kehakiman Ordinaris uskup diosesan atas keuskupan dan memimpin pengadilan gerejawi keuskupan .

Kode Hukum Kanonik mendahulukan gelar vikaris yudisial, daripada gelar officialis (kanon 1420). Kode Kanon Gereja-Gereja Timur hanya menggunakan gelar vikaris yudisial (kanon 191).

Dalam bahasa Jerman, kata benda terkait Offizialat juga digunakan untuk biro resmi di keuskupan yang melakukan sebagian besar administrasinya, yang terdiri dari vikariat jenderal, sekretariat gabungan, kantor catatan sipil, dan kantor kanselir.

Dalam Katolik, vikjen awalnya disebut "resmi" (officialis).[1]

Gelar kepala sekolah resmi, bersama dengan gelar vikjen, dalam Anglikan telah digabungkan dengan gelar kanselir keuskupan sebuah keuskupan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  van Hove, Alphonse (1913). "Keuskupan". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  2. ^  Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Resmi". Encyclopædia Britannica. 20 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 22.