Comharba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Comharba, dari Irlandia Kuno comarbae (Irlandia Modern comharba, Latin: hērēs[1]), artinya "pewaris" atau "penerus",[2] adalah jabatan khas gereja abad pertengahan di antara Gaelik dari Irlandia dan Skotlandia. Pada periode ini comharba muncul dipertukarkan dengan "erenach", yang menunjukkan wali awam yang dinominasikan secara episkopal dari gereja paroki dan kepala keluarga dalam pendudukan turun-temurun atas tanah gereja. Comharba, bagaimanapun, sering bertanggung jawab atas sebuah gereja yang memiliki kedudukan yang relatif tinggi di Irlandia pra-Norman, atau gereja yang masih memiliki tanah termon yang relatif luas.[3]

Juga sesuai artikel ini "... jabatan monastik yang menguntungkan seperti "coarb" (comarbae "pewaris" orang suci) atau "erenach" (airchinnech "superior"), jika tidak ditransmisikan oleh keturunan alami atau nepotik dalam keluarga gerejawi, yang seringkali merupakan cabang dinasti kerajaan yang dipindahkan secara politik"

Kulit Columba[sunting | sunting sumber]

Di Irlandia dan Skotlandia abad pertengahan, comharba dari St Columba (Medieval Gaelic comarba Coluim Chille) mengidentifikasi kepala biara yang menggantikan Columba. Ketika para biarawan melarikan diri ke biara mereka di Kells, setelah serangan Viking abad ke-9 di Iona, kepala biara mereka terus menyandang gelar coarb untuk mencerminkan warisan langsungnya: banyak dari kepala biara awal adalah anggota keluarga Columba.

Kepala biara gereja perguruan tinggi (yaitu, biara mengikuti Peraturan St Columba), yang mengadakan penahbisan dan merayakan Misa ( 'melayani penyembuhan'), bertanggung jawab atas komunitas monastiknya. Belakangan, pola Uskup dan Kepala Biara Iona didirikan, yang setelah Reformasi dan Pembubaran Biara tidak digunakan lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Duffy, Seán (15 Januari 2005). Irlandia Abad Pertengahan: Sebuah Ensiklopedia. Routledge. ISBN 9781135948245 – via Google Books. 
  2. ^ "Coarb". Clan Livingstone Society. Sep 2, 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 5, 2013. Diakses tanggal September 19, 2005. 
  3. ^ Etchingham, Colmán (2011). Connolly, Sean J., ed. coarb.html The Oxford Companion untuk Sejarah Irlandia Periksa nilai |archiveurl= (bantuan). Oxford University Press. hlm. 107. ISBN 9780198662709. Diarsipkan dari doc/1O245-coarb.html versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2011-08-10.