Rektor (Gereja Katolik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam Gereja Katolik Roma, seorang rektor adalah seseorang yang memegang kantor untuk memimpin sebuah lembaga gerejawi. Institusi tersebut dapat berupa bangunan tertentu—seperti gereja (disebut gereja pastoran) atau tempat suci—atau dapat berupa organisasi, seperti paroki, misi atau kuasi-paroki, seminari atau rumah studi, universitas, rumah sakit, atau komunitas klerus atau religius.

Jika seorang rektor mengangkat seseorang sebagai pegawainya untuk melaksanakan tugas jabatannya, yaitu bertindak untuknya "secara perwakilan", pegawai itu disebut "wakilnya". Jadi, kolekte paroki adalah milik hukum orang yang memegang jabatan rektor. Itu bukan milik wakilnya, yang bukan pemegang jabatan tetapi pegawai, yang dibayar dengan gaji, yaitu gaji, yang harus dibayar oleh majikannya rektor. Seorang vikaris paroki adalah wakil dari rektornya, sementara, pada skala yang lebih tinggi, Paus disebut Vikaris Kristus, yang bertindak sebagai pengganti atasan tertinggi dalam hierarki gerejawi.

Kitab Hukum Kanonik 1983, untuk Gereja Latin Gereja Katolik, secara eksplisit menyebutkan tiga jabatan rektor sebagai kasus khusus:

  • rektor seminari (c. 239 & c. 833 #6)
  • rektor gereja yang bukan anggota paroki, bab kanon, atau ordo religius (c. 556 & 553)
  • rektor universitas Katolik (c. 443 §3 #3 & c. 833 #7)

Namun, ini bukan satu-satunya pejabat yang menjalankan fungsinya dengan menggunakan gelar rektor. Karena istilah rektor merujuk pada fungsi jabatan tertentu, maka sejumlah pejabat tidak disebut rektor meskipun dalam prakteknya mereka adalah rektor. Uskup diosesan, misalnya, adalah seorang rektor, karena ia mengetuai organisasi gerejawi (keuskupan) dan gedung gerejawi (katedral miliknya). Di banyak keuskupan, uskup mendelegasikan operasi katedral sehari-hari kepada seorang imam, yang sering salah disebut sebagai rektor tetapi gelar spesifiknya adalah plebanus atau "pendeta rakyat ", apalagi jika katedral beroperasi sebagai gereja paroki. Oleh karena itu, karena seorang imam ditunjuk sebagai kepala paroki katedral, dia tidak dapat menjadi rektor dan pastor sekaligus, karena seorang rektor tidak dapat secara kanonik memegang gelar paroki (c.556).

Sebagai contoh lebih lanjut, pastor paroki (parochus) adalah pastor (bukan rektor) atas parokinya dan gereja parokinya. Akhirnya, rektor universitas Katolik adalah rektor universitas dan, jika seorang imam, sering menjadi rektor gereja mana pun di mana universitas dapat beroperasi, atas dasar bahwa itu bukan pendirian paroki kanonik (c. 557 §3 ).

Dalam beberapa tarekat religius para imam, rektor adalah gelar pemimpin setempat dari sebuah rumah atau komunitas ordo. Misalnya, komunitas yang terdiri dari beberapa lusin imam Jesuit mungkin termasuk pendeta dan imam yang ditugaskan di sebuah gereja paroki di sebelahnya, fakultas sekolah menengah Jesuit di seberang jalan, dan para imam di kantor administrasi di ujung blok. Namun, komunitas sebagai instalasi lokal para imam Jesuit dipimpin oleh seorang rektor.

Rektor jenderal adalah gelar yang diberikan kepada atasan jenderal ordo keagamaan tertentu, misalnya. Pemimpin Reguler Bunda Allah, Pallottines.

Ada beberapa kegunaan lain dari gelar ini, seperti untuk direktur asrama, seperti Pastor George Rozum CSC, di Universitas Notre Dame yang pernah (dan sampai batas tertentu masih) dijalankan di sebuah seminari. mode. Gelar ini digunakan dengan cara yang sama di Universitas Portland, institusi lain dari Jemaat Salib Suci.

Paus disebut "rektor dunia" selama upacara penobatan kepausan yang dihentikan yang pernah menjadi bagian dari pelantikan kepausan.[1][a]

Rektor tetap adalah istilah usang yang digunakan di Amerika Serikat sebelum kodifikasi Kode Hukum Kanonik 1917. Hukum Kanon memberikan semacam masa jabatan kepada pastor (parochus) paroki, memberi mereka hak tertentu terhadap pencopotan sewenang-wenang oleh uskup dari keuskupan mereka.[1] Untuk menjaga keluwesan dan otoritas mereka dalam menugaskan imam ke paroki, para uskup di Amerika Serikat sampai saat itu tidak benar-benar mengangkat imam sebagai pastor, tetapi sebagai "rektor tetap" di paroki mereka: "permanen" memberi imam gelar kepercayaan pada keamanan dalam penugasannya, tetapi "rektor" daripada "pendeta" mempertahankan otoritas absolut uskup untuk menugaskan kembali pendeta. Oleh karena itu, banyak paroki yang lebih tua mencantumkan di antara para imam pemimpin awal mereka dengan huruf postnominal "P.R." (seperti dalam, sebuah plakat yang mencantumkan semua pendeta di sebuah paroki, dengan "Rev. John Smith, P.R."). Praktik ini dihentikan dan saat ini para imam biasanya ditugaskan sebagai pastor paroki, dan dalam praktiknya para uskup menugaskan kembali mereka sesuka hati (meskipun masih ada pertanyaan tentang legalitas kanonik ini).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Meehan1911


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan