Eremit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hieronimus, yang hidup sebagai seorang eremit di dekat Bethlehem, digambarkan dalam pembelajarannya dikunjungi oleh dua malaikat (Cavarozzi, awal abad ke-17).

Eremit adalah orang yang hidup dalam pengasingan dari masyarakat.[1]

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Dalam Kekristenan istilah tersebut aslinya ditujukan kepada seorang penganut Kristen yang hidup mengasingkan diri untuk tujuan keagamaan, yang disebut Teologi Gurun dari Perjanjian Lama (40 tahun mendiami gurun[2]).

Dalam tradisi Kristen, kehidupan eremitik[3] adalah sebuah bentuk awal dari kehidupan kebiaraan yang mendahului kehidupan biara di cenobium. Peraturan Santo Benediktus (bab 1) memasukan eremit dalam empat jenis biarawan. Dalam Gereja Katolik Roma, selain eremit yang merupakan anggota institusi keagamaan, hukum kanon (kanon 603) juga mengakui eremit terkonsentrasi dibawah naungan uskup keuskupan mereka sebagai anggota kehidupan terkonsekrasi. Hal yang sama dibenarkan dalam beberapa bagian dari Komuni Anglikan, termasuk Gereja Episkopal di AS, meskipun dalam hukum kanon Gereja Episkopal, mereka lebih disebut sebagai "soliter" ketimbang "eremit".

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan

  1. ^ New York Times
  2. ^ Bilangan 13:3, Bilangan 13:26
  3. ^ Marina Miladinov, Margins of Solitude: Eremitism in Central Europe between East and West (Zaghreb: Leykam International, 2008)

Sumber

Pranala luar[sunting | sunting sumber]