Biara keabasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Klausura Biara Keabasan Sénanque.

Biara keabasan (bahasa Inggris: abbey, bahasa Latin: abbatia), yang dalam bahasa Indonesia terkadang disebut "pertapaan", adalah suatu kompleks bangunan yang digunakan oleh para anggota dari suatu ordo atau tarekat religius di bawah pimpinan seorang abbas ataupun abdis. Biara ini merupakan suatu tempat untuk aktivitas-aktivitas religius, pekerjaan, dan tempat tinggal para rahib ataupun rubiah Kristen. Konsep biara keabasan telah berkembang selama berabad-abad dari cara hidup monastik awal kaum pria dan wanita religius tempat mereka hidup terpisah dari komunitas awam di sekitar mereka. Kehidupan religius dalam suatu biara keabasan mungkin saja bersifat monastik. Suatu biara keabasan mungkin merupakan tempat tinggal dari suatu tarekat religius tertutup atau mungkin juga terbuka bagi para pengunjung. Tata letak gereja dan bangunan-bangunan terkait dalam suatu biara keabasan seringkali mengikuti rancangan yang ditentukan oleh sang pendiri tarekat religius. Biara keabasan seringkali otonom atau mandiri, menggunakan kelimpahan hasil ataupun ketrampilan para penghuninya untuk memberikan perawatan kepada orang miskin dan membutuhkan, tempat perlindungan kepada orang yang teraniaya, serta pendidikan kepada kaum muda yang membutuhkan. Beberapa biara keabasan menawarkan akomodasi kepada orang-orang yang memerlukan retret rohani. Terdapat banyak biara keabasan terkenal di seluruh Eropa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Birt, Henry Norbert (1907). "Abbey". Dalam Herbermann, Charles G. The Catholic Encyclopedia. 1. New York, NY: Robert Appleton Company. 
  • Klein, Ernest, ed. (1987). A Comprehensive Etymological Dictionary of the Hebrew Language for Readers of the English Language. Jerusalem, Israel: Carta. ISBN 9-6522-0093-X. LCCN 88140194. 
  • Klein, Ernest, ed. (1966). "Abbey". A Comprehensive Etymological Dictionary of the English Language: Dealing With the Origin of Words and Their Sense Development thus Illustrating the History of Civilization and Culture. I: A-K. Amsterdam, The Netherlands: Elsevier. LCCN 65013229. 
Atribusi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]