Frater awam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Frater awam' (bahasa Latin: abbatocomes, abbas laicus, abbas miles, terj. har.'"abbot-count, lay abbot, abbot-soldier"') adalah gelar yang digunakan untuk menunjuk seorang orang awam yang kepadanya seorang raja atau seseorang yang berwenang menganugerahkan biara sebagai hadiah atas layanan yang diberikan; dia bertanggung jawab atas tanah miliknya, dan berhak atas sebagian dari pendapatannya. Kebiasaan itu ada terutama di Kekaisaran Frank dari abad kedelapan hingga reformasi gerejawi abad kesebelas.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Banyak sinode yang diadakan di Prancis pada abad keenam dan ketujuh mengeluarkan keputusan yang melarang penyalahgunaan properti gereja ini. Merovingian telah menganugerahkan tanah gereja kepada orang awam, atau setidaknya mengizinkan mereka memiliki dan menggunakan, meskipun bukan kepemilikan.[1] Raja-raja Merovingian juga memiliki kebiasaan menunjuk kepala biara di biara-biara yang mereka dirikan; selain itu, banyak biara, meskipun tidak didirikan oleh raja, menempatkan diri mereka di bawah perlindungan kerajaan untuk berbagi perlindungannya, sehingga menjadi milik Mahkota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kirsch , Johan Peter. "Lay Abbot." Ensiklopedia Katolik Vol. 9. New York: Robert Appleton Company, 1910. 26 Juli 2015