Definitor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam Gereja Katolik, Definitor (Bahasa Latin untuk 'orang yang mendefinisikan') adalah gelar dengan penggunaan khusus yang berbeda. Ada definitor sekuler, yang memiliki pengawasan terbatas atas sebagian keuskupan, dan juga definitor di ordo keagamaan yang umumnya memberikan nasihat dan bantuan kepada atasan jenderal dan atasan provinsi dari ordo mereka.

Definisi sekuler[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah dekanat atau vicarate forane, yang merupakan pengelompokan beberapa paroki yang bertetangga di dalam sebuah keuskupan, seorang definitor adalah jabatan tertinggi kedua (dan unik), tepat di bawah dekan atau vicar forane dan wakilnya, atau adalah pastor yang bertanggung jawab atas salah satu dari sejumlah distrik yang lebih kecil di dalam dekenat, yang disebut definitio. Mereka mengawasi properti gerejawi dan umumnya membantu dekan, di bawah otoritas biasa uskup. Judul alternatif untuk posisi ini adalah chamberlain atau bendahara. Jabatan keuskupan ini tidak ditentukan oleh hukum kanon, dan dapat dihilangkan.

Definisi reguler[sunting | sunting sumber]

Dalam Ordo Cistercian, Kepala Biara Jenderal dibantu oleh sebuah dewan yang terdiri dari lima definitor, menurut tradisi dua berbahasa Perancis, satu berbahasa Jerman, satu berbahasa Inggris dan satu berbahasa Belanda. Di antara Pengamat Fransiskan, Definitor adalah jabatan tertinggi ketiga dalam Ordo, di bawah Menteri Jenderal dan Procurator General. Dalam Ordo Camaldolese, Definitor dapat diberikan sebagai gelar pribadi dari prior. Dalam Ordo Dominikan seorang Definitor Provinsial melayani di bawah Provinsi Sebelumnya.

Gelar Definitor General digunakan oleh Karmelit Tak Berkasut, Saudara Dina dan Kapusin. Pengurus ini umumnya dipilih oleh Kepala Umum Ordo mereka untuk jangka waktu tertentu.

Referensi[sunting | sunting sumber]