Kepala Rumah Tangga Kepausan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Majordomo kepausan atau Kepala Rumah Tangga Kepausan adalah salah satu dari tiga (sebelumnya empat) prelat palatina (prelati palatini), mengenai yang rinciannya telah diberikan dalam artikel maestro di camera.

Kepala Rumah Tangga Kepausan juga termasuk dalam empat "prelati di fiocchetto", disebut demikian karena mereka berhak menghiasi tali kekang kudanya dengan bulu berwarna ungu dan merak. Empat prelatus di fiocchetto adalah Gubernur Roma dalam kualitasnya sebagai Wakil Chamberlain, Auditor dan Bendahara Kamar Apostolik, dan Majordomo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam "Introitus et Exitus Cameræ Apostolicæ" Arsip Vatikan, yang dimulai pada tahun 1295, pejabat Rumah Tangga Apostolik diberikan secara teratur sesuai dengan gaji mereka. Meskipun pada tanggal ini tidak diragukan lagi ada seorang pelayan tertinggi istana kepausan, nama dan tugas yang melekat pada jabatan mayordomo tidak ditentukan secara ketat sampai nanti. Perubahan dalam administrasi domestik rumah tangga kepausan, yang diwajibkan di bawah Paus Klemens V dan Paus Yohanes XXII melalui transisi dari "ekonomi alami" ke "ekonomi uang", bersifat luas. ; tetapi hanya setelah kembalinya Paus Martinus V dari Avignon ke Roma pada tahun 1418, jabatan modern secara bertahap berkembang, untuk mencapai perkembangan penuh selama Renaisans. Pada abad keenam belas, seorang "maestro di casa" "penguasa rumah tangga" berdiri sebagai kepala seluruh administrasi rumah tangga kepausan.

Menjelang akhir abad ke-16, pejabat yang sama diberi gelar "prefetto del Sacro Palazzo Apostolico", dan di bawah Urban VIII (1623–44) ia pertama kali diberi gelar "Maggiordomo Pontificio 'majordomo kepausan'. Saat itu adalah tugasnya, atas pengangkatan seorang paus baru, untuk membentuk keluarga kepausan, yaitu mengusulkan calon-calon untuk berbagai jabatan rumah tangga dan kemudian mengarahkan seluruh rumah tangga. Sejauh tugas ini memerlukan pengeluaran, Bendahara Gereja Roma Suci, menteri keuangan untuk saat ini, menjalankan kendali yang sangat tegas atas majordomo dan asistennya. Namun, keadaan ini tidak menjadikan bendahara sebagai pejabat rumah tangga, atau Præfectus Sacri Palatii dan pejabat administrasi; Majordomo selalu secara eksklusif menjadi pejabat rumah tangga. Daftar lengkap penghuni kantor dari tahun 1534 disimpan. Aturan umum yang diakui oleh Kuria Romawi pada akhir Abad Pertengahan, bahwa kepala departemen penting apa pun harus memiliki yurisdiksi atas semua asistennya, diperluas ke Majordomo. Tidak hanya dalam masalah perdata tetapi juga dalam tuntutan pidana, sedebat pro tribunali—dia menjatuhkan hukuman atas semua pejabat istana kepausan. Seiring berjalannya waktu, tugasnya sebagai majordomo sangat berbeda dari yang dia lakukan sebagai Prefek Istana, sehingga majordomo dikatakan sebagai Prefek Istana secara bersamaan. Ke prefektur adalah milik manajemen museum dan semua lembaga dari jenis khusus yang ada di istana — asalkan mereka tidak otonom. Penyimpanan akun istana juga jatuh ke tangan prefektur.

Setelah tahun 1870, menyusul hilangnya Negara Kepausan untuk menyatukan kembali Italia, terjadi perubahan besar dalam kondisi ini. Jabatan penting prefek dipisahkan dari jabatan mayordomo, dan dipercayakan kepada komisi para kardinal yang ditunjuk untuk mengelola urusan bisnis Takhta Suci. Pengaturan Paus Leo XIII sejauh ini diubah oleh Paus Pius X, sehingga Kardinal Sekretaris Negara dijadikan Prefek Istana Apostolik. Bawahannya adalah subprefek, forriere maggiore, cavallerizzo maggiore, segreteria della prefettiora, computisteria, architetto dan penasihat hukum, yang terbentuk dalam kapasitas korporat, dewan-dewan pengarah administrasi keraton. Museum dan galeri juga dipercayakan kepada badan ini.

Perubahan yang disebutkan di atas oleh Leo XIII terjadi pada tanggal 29 Desember 1891, setelah prefektur dipisahkan oleh Motu proprio tanggal 7 Desember. Hak-hak Majordomo menjadi sebagai berikut: Dia mempertahankan hak lamanya untuk menemani Paus, dan tetap Gubernur Konklaf. Dalam kapasitas ini dia memiliki kendali umum atas personel istana, dan bertanggung jawab atas ketertiban dan ketenangan di sana selama Konklaf. Di "Congresso Palatino" (Komisi Palatine), jika selanjutnya diadakan, dia mendapat kursi dan suara. Dia memimpin Jemaat Hospice Apostolik dan menjadi direktur Paduan Suara Kapel Sistina, arahan musik yang pada tahun 1910 dipercayakan kepada Maestro Perosi. Semua fungsi keagamaan biasa dan luar biasa di mana paus dan pengadilan kepausan berpartisipasi berada di bawah pengaturan dan arahannya. Penunjukan pengurus rumah tangga kepausan diteruskan olehnya atas perintah paus, dan dia membagikan medali tahunan kepada anggota rumah tangga kepausan. Tugasnya sebelumnya untuk mengeluarkan kartu masuk ke galeri dan museum untuk tujuan studi dan penyalinan telah ditarik darinya. Majordomo sebagai Kepala Rumah Tangga memiliki pakaian khas dan tempat tinggal resmi gratis di istana kepausan.

Referensi[sunting | sunting sumber]