Komisaris Apostolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komisaris Apostolik (bahasa Latin: Commissarius Apostolicus) adalah Komisaris (yaitu seseorang yang telah menerima kuasa dari otoritas atasan yang sah untuk mengambil keputusan dalam kasus tertentu atau untuk mengambil informasi tentang itu) yang telah ditunjuk oleh paus, maka komisaris "Apostolik".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kebiasaan mengangkat komisaris semacam itu oleh Takhta Suci sudah sangat kuno. Contoh penting adalah komisi yang diberikan kepada Sirilus dari Aleksandria oleh Paus Selestinus I, pada awal abad kelima, di mana patriark suci itu diberi kuasa untuk menghakimi Nestorius dalam kehidupan paus. nama. Sejarah Inggris melengkapi, antara lain, komisi yang terdiri dari Kardinal Wolsey dan Kardinal Campeggio perwakilan kepausan untuk sidang pengadilan kasus perceraian Raja Henry VIII .

Kadang-kadang komisi Apostolik dibentuk secara permanen oleh Tahta Suci. Demikianlah berbagai jemaat Roma yang dipimpin oleh para kardinal.

Sepenuhnya wewenang komisaris apostolik harus dipelajari dari ijazah pengangkatan mereka. Akan tetapi, kekuasaan biasa yang mereka miliki ditentukan dalam hukum Gereja bersama. Komisaris dapat diberdayakan tidak hanya untuk yudisial tetapi juga untuk tujuan eksekutif. Ketika komisi kepausan menyebutkan secara eksplisit orang-orang tertentu dan hal-hal tertentu sebagai subjek otoritas komisaris, dan kemudian menambahkan secara umum bahwa "orang lain dan hal-hal lain" (quidam alii et res aliœ) juga termasuk, itu adalah memahami bahwa frasa terakhir hanya merujuk pada orang dan hal-hal yang sama pentingnya atau lebih rendah daripada yang disebutkan secara tegas, dan dalam keadaan apa pun kekuasaan komisaris tidak dapat diperluas ke apa yang lebih tinggi atau lebih bermartabat (Cap. xv, de rescript.). Jika seorang uskup ditunjuk sebagai komisaris Apostolik dalam hal-hal yang sudah termasuk dalam yurisdiksinya yang biasa (terutama keuskupan), dengan demikian ia tidak menerima delegasi yurisdiksi yang ditambahkan ke yurisdiksi yang telah ia miliki; komisi Apostolik seperti itu dikatakan 'menggairahkan', bukan untuk mengubah, yurisdiksinya yang biasa.

Karena Komisaris Apostolik adalah utusan Tahta Suci, banding dapat diajukan kepada Paus terhadap keputusan atau tindakan administratifnya.

Apabila beberapa komisaris diangkat untuk perkara yang sama, mereka harus bertindak bersama-sama sebagai satu kesatuan; tetapi jika, karena kematian atau sebab lain, salah satu komisaris harus terhalang untuk bertindak, anggota yang tersisa memiliki kekuatan penuh untuk melaksanakan tugas mereka. Dalam hal para komisaris berjumlah dua orang dan mereka tidak setuju dengan putusan yang akan diberikan, perkaranya harus diputuskan oleh Tahta Suci.

Seorang komisaris Apostolik mempunyai kuasa untuk mensubdelegasikan orang lain untuk urusan yang dipercayakan kepadanya, kecuali dengan tegas dinyatakan dalam ijazahnya bahwa, karena pentingnya masalah itu, ia harus menjalankan yurisdiksinya secara pribadi.

Dengan kekuasaannya yang penuh, Paus dapat mengangkat seorang awam komisaris Apostolik untuk urusan gerejawi, tetapi menurut hukum kanon umum hanya prelat atau klerus dari tingkat yang lebih tinggi yang harus menerima komisi semacam itu (Lib . Sext., c.II, de rescr., 1, 3). Dewan Trent (Sess. XXV, c. xvi, de Ref.) menetapkan bahwa setiap uskup harus menyampaikan kepada Tahta Suci nama empat orang yang mampu menerima delegasi tersebut untuk keuskupannya. Oleh karena itu menjadi kebiasaan bagi Paus untuk memilih komisaris Apostolik dari tempat mereka akan menyelidiki atau memberikan keputusan atau melaksanakan mandat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catholic Encyclopedia article