Koster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Seorang sakristan

Koster, atau sakristan, adalah seorang petugas yang bertanggung jawab untuk mengurus sakristi, bangunan gereja, dan isinya.

Pada zaman dahulu, banyak tugas-tugas dari koster dilakukan oleh penjaga pintu (ostiarius), dan selanjutnya dilakukan oleh bendahara dan mansionarii.[1] Dekret dari Paus Gregorius IX[2] berbicara mengenai koster seakan ia memiliki jabatan terhormat yang melekat pada suatu benefice (semacam penghargaan), dan mengatakan bahwa tugasnya adalah merawat semua alat penerangan, vestimentum, peralatan Misa/liturgi, dan lain-lain. Dewasa ini koster dipilih atau ditunjuk.

Cæremoniale Episcoporum memuat aturan bahwa koster dalam gereja-gereja katedral dan perguruan tinggi seharusnya adalah seorang imam. Tugas-tugasnya dijelaskan berkaitan dengan sakristi, Hosti Kudus, bejana baptis, minyak suci, relikui suci, dekorasi gereja untuk setiap perayaan dan masa yang berbeda, persiapan kebutuhan beragam upacara, membunyikan lonceng gereja, memelihara keteraturan dalam gereja, mengatur jadwal Misa; dan juga mengusulkan satu atau dua kanon (imam) agar ditunjuk setiap tahunnya untuk mengawasi pekerjaan koster tersebut dan para asistennya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Epitome to Canon XIX, Council of Chalcedon, Christian Classics Ethereal Library
  2. ^ lib. I, tit. xxvi, "De officio sacristæ"

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Wikisource-logo.svg Goggin, John Francis; Kelly, Blanche Mary (1912). "Sacristan". Di Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia 13. New York: Robert Appleton Company. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Definisi kamus koster di Wiktionary