Notarius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Notarius adalah sekretaris publik yang ditunjuk oleh otoritas yang berwenang untuk membuat dokumen resmi atau otentik (bandingkan bahasa Inggris "notaris"). Di Gereja Katolik Roma telah ada notaris apostolik dan bahkan notaris uskup.[1] Dokumen yang dibuat oleh notarii dikeluarkan terutama dari kantor administrasi resmi, kanselir; kedua, dari pengadilan; terakhir, yang lain dibuat atas permintaan individu untuk mengotentikasi kontrak mereka atau tindakan lainnya.

Gelar dan jabatan ada dalam birokrasi Kekaisaran Romawi yang dikristenkan di Pengadilan Kekaisaran, di mana perguruan tinggi notaris kekaisaran diperintah oleh seorang primicerius.[2] Dari penggunaan dalam perwakilan Kaisar di Barat, Exarch of Ravenna, jabatan dan gelar diterapkan dalam birokrasi kuria Kepausan yang semakin rumit di Roma. Ada "notarii" yang melekat pada semua takhta episkopal, dari mana mereka digunakan di kanselir kerajaan. Semua notaris ini ada di ordo minor.

Sebagai "ex officio" kepala kanselir kepausan, "primicerius" dari para notaris adalah seorang tokoh penting. Selama kekosongan kursi kepausan, ia menjadi bagian dari pemerintahan sementara, dan sebuah surat pada tahun 640 ditandatangani (paus dipilih tetapi belum ditahbiskan) oleh seorang "Johannes, primicerius" dan bertugas menggantikan tahta apostolik suci".[3]

Sebelumnya ada notaris apostolik dan bahkan protonotaris apostolik yang ditugaskan oleh surat kepausan, yang tugasnya adalah menerima dokumen sehubungan dengan manfaat, yayasan, dan sumbangan untuk kepentingan gereja, kehendak para klerus dan urusan lain yang menjadi pihak yang berkepentingan dengan hierarki gerejawi. Judul sudah tidak ada lagi; satu-satunya notaris gerejawi saat ini adalah para pejabat kuria Romawi dan kuria uskup.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catholic Encyclopedia, s.v. "Notaris"
  2. ^ Dalam Kode Theodosian, bab VI, 16 berjudul "De primicerio et notariis")
  3. ^ "Joannes primicerius et servans locum s. sedis apostolicae". (Jaffé, Regesta, n. 2040, dicatat dalam Catholic Encyclopedia).