Presentor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Presentor adalah anggota gereja yang membantu memfasilitasi ibadah. Peran presentor dibawa dari sinagoga ke dalam gereja Katolik mula-mula.[1]

Istilah "presentor" biasanya menggambarkan seorang pejabat gereja, pejabat administrasi atau seremonial. Pada zaman dahulu, presentor memiliki tugas seperti menjadi penyanyi pertama atau pemimpin, yang pada hari Minggu dan pesta yang lebih besar melantunkan antifon, mazmur, himne, responsori tertentu, dll.; memberikan nada atau nada kepada uskup dan dekan di Misa (penerus yang melakukan tugas serupa dengan kanon dan petugas); merekrut dan mengajar paduan suara, mengarahkan latihannya dan mengawasi fungsi resminya; menafsirkan rubrik dan menjelaskan upacara, mengatur secara umum Kantor Ilahi dan terkadang menyusun himne yang diinginkan, urutan , dan pelajaran dari santo. Dia memiliki berbagai gaya "capiscol" (dari bahasa Latin "caput scholæ", kepala sekolah paduan suara), "prior scholæ", "magister scholæ" , dan primicerius (sebuah kata dengan implikasi yang sangat berbeda). Victor Hugo memberi tahu kita bahwa dalam perawatan primicerius ditempatkan para pembantunya, pengusir setan, lektor, dan pemazmur (pelantun).

Pada Abad Pertengahan pejabat utama katedral, bab perguruan tinggi, dan ordo monastik, meniru contoh St. Gregorius Agung dalam bertindak sebagai direktur sekolah nyanyian. schola selalu hadir ketika uskup memimpin di katedralnya, dan kepada presentor diberikan tempat di dekat uskup dan bermartabat tinggi. Jabatannya menuntut banyak pembelajaran dan kemampuan eksekutif, dan martabatnya sesuai dengan tugasnya.

Di katedral-katedral di Inggris, Prancis, Spanyol, dan Jerman, seorang presentor kadang-kadang ditempatkan di samping dekan, kadang-kadang di samping diakon agung. Dalam beberapa kasus lingkup kegiatan seorang presentor lebih luas, termasuk tugas melantik dekan, kanon, dan pejabat lainnya; dan di beberapa biara, tugas pustakawan dan pencatat.

Sejak abad keempat belas, gelar dan martabat sebagian besar diserahkan kepada petahana yang pengetahuan musiknya tidak sesuai dengan tugas yang menjadi asal mula nama presentor; martabat tetap ada, tetapi kewajiban menjadi kabur. "Di Prancis, beberapa bab mempertahankan jejak martabat Precentor, dan terkadang diakon agung, terkadang tituler atau kanon kehormatan, membawa baton cantoral, lambang jabatannya".[2] "Baton cantoral" ini adalah tongkat berwarna perak atau putih. "Di keuskupan Aix, Carcassonne, Coutances, Dijon, Metz, Orléans, martabat Precentor masih tertinggi di kapitel.... Beberapa bab memiliki sub-chanter, Arras termasuk di antara kanon residen kehormatan", [3] di mana juga kutipan undang-undang dari Uskup Dijon dapat berfungsi untuk mengilustrasikan gagasan modern tentang jabatan presentor: "Précenteur atau Grand Chantre adalah kepala paduan suara dan ... membawa antifon kepada uskup saat meresmikan kepausan. Sakristan, pelantun, paduan suara, dan karyawan Katedral ditempatkan di bawah pengawasannya. Dia juga akan menjaga ketertiban dan keheningan di sakristi."[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moseley, Ron. "Yeshua: A Guide to the Real Jesus and the Original Church". Diarsipkan dari versi asli tanggal 1998-12-01. Diakses tanggal 2023-04-27. 
  2. ^ Migne, "Dict. de Droit Canon", s.v. Nyanyian.
  3. ^ Migne, "Dict. de Jurisprudence", s.v. Grand Chantre.
  4. ^ { {Cite web |title=CATHOLIC ENCYCLOPEDIA: Precentor |url=https://www.newadvent.org/cathen/12372a.htm |access-date=2023-04-27 |website=www.newadvent.org}}
  5. ^ Julie Kerr, Sarah Foot. .php "Halaman Beranda Proyek Cistercians di Yorkshire" Periksa nilai |url= (bantuan). www.dhi.ac.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27-04-2023.