Kapelan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Rev. Manasseh Cutler, kapelan Perang Revolusi Amerika Serikat yang bertugas dalam Angkatan Bersenjata Kontinental George Washington.

Kapelan (bahasa Inggris: chaplain, bahasa Latin: capellanus) adalah rohaniwan atau klerikus (seperti pelayan, imam, pastor, atau rabi), ataupun representasi awam dari suatu tradisi religius, yang terikat dalam penugasan di suatu institusi sekuler seperti rumah sakit, penjara, unit militer, sekolah, bisnis, departemen kepolisian, pemadam kebakaran, universitas, atau juga kapel privat.

Secara historis, istilah "kapelan" mengacu pada representasi-representasi iman Kristen;[1] namun sekarang juga diterapkan pada representasi orang-orang dari berbagai tradisi filosofis maupun agama lainnya–seperti pada kasus kapelan-kapelan yang melayani pasukan militer dan adanya peningkatan jumlah pelayanan kapelan di universitas-universitas Amerika.[2] Belakangan ini, banyak kaum awam yang menerima pelatihan profesional dalam pelayanan kapelan dan ditunjuk sebagai kapelan-kapelan di sekolah, rumah sakit, perusahaan, universitas, penjara, dan tempat lainnya untuk berkarya bersama, atau sebagai pengganti, anggota resmi golongan klerus.[3] Konsep-konsep pelayanan kapelan "multi-iman", "sekuler", "generik", dan/atau "humanis" juga memperoleh peningkatan dukungan, terutama di dalam lingkungan perawatan kesehatan dan pendidikan.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Legood, Giles (1999). Chaplaincy: the church's sector ministries. London: Cassell. ISBN 0304702951. 
  2. ^ (Inggris) "Humanist Chaplaincies". 
  3. ^ (Inggris) Norman, J. (2004). At The Heart of Education: School Chaplaincy and Pastoral Care. Dublin: Veritas.
  4. ^ (Inggris) Hewson, Chris (March 1, 2012). "Multifaith Spaces: Management". University of Manchester. Diakses tanggal September 14, 2012. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]