Magister novis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Di Gereja Katolik Roma, seorang Magister novis, lat. Magister noviciorum, adalah anggota dari institusi keagamaan yang bertanggung jawab atas pendidikan dan pemerintahan novisiat di institut tersebut. Di lembaga keagamaan untuk wanita, nyonya pemula, lat. Magistra noviciorum, adalah padanannya.

Arahan para novis hanya dimiliki oleh master novis, di bawah otoritas atasan utama.[1] Master novis harus menjadi anggota institut; ia harus telah mengambil sumpah abadi dan diangkat secara sah.[2] Guru pemula sering dibantu oleh seorang zelator (guru pemula kedua atau wakil).

Tugas guru pemula adalah untuk melihat bahwa waktu yang dikhususkan untuk masa novisiat dilewatkan dalam doa, meditasi, dan pengembangan karakter melalui studi tentang kehidupan Yesus Kristus dan orang-orang kudus, sejarah gereja, kaul dan konstitusi tarekat. Dalam masa percobaan ini, dia harus membuat laporan tentang setiap pemula kepada atasannya mengenai hal ini. Untuk tujuan ini, ia harus bebas dari semua tugas dan jabatan lainnya. Sebelum masuk ke penobatan dan kemudian sebelum kaul sederhana dan abadi, master novis dimintai penilaiannya.

Aturan Santo Benediktus tidak memuat bab terpisah tentang master novis. Selain kedewasaan monastik umum, karunia memenangkan jiwa disebutkan sebagai kualifikasi khusus bagi biksu yang merawat para samanera.[3] Sebuah sumber tahun 1827 menyatakan bahwa guru pemula "harus benar-benar dapat diandalkan, murni bermoral dan religius sejati, yang mampu membiasakan para pemula secara teoritis dan praktis dengan tujuan ordo dan dengan semangat undang-undang".[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ CIC, § 650 2
  2. ^ CIC, § 651 1
  3. ^ "Novizenmeister". 
  4. ^ Ferdinand Maaß: Lockerung und Aufhebung des Josephinismus, 1820-1850, Herold, Wien, 1961