Asisten Takhta Kepausan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Uskup-Asisten bagi Takhta Kepausan adalah sebuah gelar gerejawi di Gereja Katolik Roma. Gelar itu menunjuk prelat milik Kapel Kepausan, yang berdiri di dekat tahta Paus pada acara-acara khidmat. Peringkat mereka tepat di bawah Dewan Kardinal dan juga Pangeran Istana Apostolik. Asisten di Takhta Kepausan, kecuali dikecualikan secara khusus, segera masuk ke dalam kebangsawanan Kepausan sebagai Comte Roma.

Paus Paulus VI mengakhiri penggunaan gelar bangsawan ini dan sejenisnya pada tahun 1968.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Semua patriark dan beberapa Uskup yang dipilih oleh Paus, dijadikan Asisten di Takhta Kepausan.

Pada tanggal 22 Mei 1862, selama upacara kanonisasi dua puluh enam martir Katolik Jepang, Paus Pius IX mengangkat semua uskup yang hadir ke pangkat Asisten di Takhta Kepausan. Pada tanggal 8 Januari 1866, Ruggero Luigi Emidio Antici Mattei diangkat menjadi Dekan Asisten di Tahta Kepausan setelah Paus Pius IX menamainya Patriark Latin Konstantinopel. Pada tanggal 17 Juni 1867, pada peringatan 1800 tahun kemartiran Santo Petrus dan Paulus, Paus Pius IX mengangkat semua uskup yang hadir ke pangkat Asisten di Tahta Kepausan.

Gelar tersebut tidak digunakan lagi sejak Paus Paulus VI mereformasi Rumah Tangga Kepausan. Pada tanggal 28 Maret 1968, dia mengeluarkan Pontificalis Domus, yang mengganti nama Pengadilan Kepausan menjadi Rumah Tangga Kepausan dan menghapus semua gelar bangsawan.

Referensi[sunting | sunting sumber]