Subdiakon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Subdiakon (atau sub-deacon) adalah sebuah jawatan kecil atau pelayanan untuk laki-laki di berbagai cabang Kekristenan. Subdiakon memiliki peran liturgi tertentu dan ditempatkan di antara pembantunya (atau pembaca) dan diaken dalam urutan prioritas.

Subdiakon dalam Gereja Katolik[sunting | sunting sumber]

Seorang subdiakon Katolik yang memegang Injil.

Gereja Latin[sunting | sunting sumber]

Sebelum reformasi dilembagakan oleh Paus Paulus VI dengan motu proprio Ministeria quaedam tanggal 15 Agustus 1972, subdiaconate dianggap sebagai sebagai yang terendah dari tiga ordo utama Gereja Latin. Dia memutuskan bahwa "ordo utama subdiakonat tidak lagi ada di Gereja Latin" dan bahwa fungsi-fungsi yang sebelumnya ditugaskan kepada subdiakon sekarang dipercayakan kepada akolit dan lektor; ia juga menetapkan bahwa, jika konferensi uskup setempat begitu diinginkan, pastor itu dapat disebut sebagai subdiakon.[1]

Ritus tradisional pentahbisan ke subdiakonat dan ordo minor (pastor, pengusir setan, lektor dan porter) masih digunakan untuk anggota lembaga keagamaan Katolik tertentu s dan masyarakat hidup kerasulan diizinkan untuk menggunakan bentuk luar biasa dari Ritus Romawi.

Sebagai pria dalam ordo utama, subdiakon, seperti diaken, ditata di negara-negara berbahasa Inggris sebagai "The Rev. Mr." Dalam Prancis gelar Abbé sering diberikan kepada mereka dan bahkan kepada ordo kecil, seperti dalam kasus Franz Liszt.

Subdiakonat umumnya dianggap sebagai ordo utama dalam gereja Latin sejak akhir abad ke-12.[2] Setelah bahwa, pentahbisan seorang subdiakon tidak termasuk penumpangan tangan. Sebagai gantinya, uskup menyerahkan kepadanya sebuah piala dan paten kosong, jubahnya, cruet anggur dan air, dan Kitab Surat s dan mengucapkan doa restu untuknya. Sebagai penerima ordo mayor, seorang subdiakon tidak dapat melangsungkan pernikahan, dan pelanggaran apa pun yang dilakukan olehnya terhadap kewajiban untuk menjalankan selibat diklasifikasikan sebagai penistaan (bdk. kanon 132 dari [[Kode 1917]. Hukum Kanon]]). Kanon 135 dari Kitab Hukum Kanonik yang sama mewajibkan dia untuk mengucapkan semua jam kanonik dari Kantor Ilahi (Liturgi Jam atau Singkatan).

Ordo utama lainnya adalah ordo diaken dan pastor, uskup yang tidak dianggap sebagai ordo berbeda dengan imamat. Jadi, dalam berbicara tentang perintah, Katekismus Konsili Trent menyatakan: "Jumlah mereka, menurut doktrin Gereja Katolik yang seragam dan universal, adalah tujuh, Porter, Reader, Exorcist, Acolyte, Sub-deacon , Diakon dan Imam. [...] Dari jumlah tersebut, ada yang lebih besar, yang disebut 'Kudus', ada yang lebih rendah, yang disebut 'Tahbisan Kecil'. Tahbisan besar atau Tahbisan adalah Sub-deaconship, Deaconship dan Priesthood; Perintah yang lebih rendah atau Minor adalah Porter, Pembaca, Pengusir Setan, dan Pembantu".[3]

Hari ini Gereja Latin, sebagaimana dinyatakan dalam Kode Hukum Kanonik yang berlaku sejak 1983 ("Tahbisannya adalah episkopat, presbiterat, dan diakonat"),[4] hanya mengakui tiga tahbisan, yaitu uskup, imam (penatua) dan diaken, juga disebut sebagai "tahbisan suci" atau "tahbisan suci".[5][6] Sejalan dengan Paus Paulus Ministeria quaedam VI, yang tadinya disebut ordo kecil sekarang disebut kementerian.[7]

Dalam Misa Khidmat bentuk Misa Tridentine dan Misa Ordinariat, tugas subdiakon termasuk tugas penyembah salib, menyanyi Surat, memegang Kitab Injil sementara diaken menyanyikan Injil, membawanya kembali ke selebran setelah itu dan membantu imam atau diaken dalam mengatur altar. Jubah khusus subdiakon adalah jubah, dalam praktiknya hampir tidak dapat dibedakan bentuknya dari dalmatik diaken (tunikula kadang-kadang agak lebih panjang dari dalmatik atau memiliki dekorasi yang sedikit kurang rumit, tetapi hal ini sering tidak terlihat oleh pengunjung gereja biasa. ). Tidak seperti diaken dan pastor, dia tidak pernah memakai stola. Dalam ritus Misa sebelumnya dia mengenakan maniple dan juga mengenakan cadar humeral sambil memegang patena dari Persembahan ke "Bapa Kami"; dan, jika piala dan patena dengan hosti belum ada di mezbah, dia juga menggunakan kerudung humerus saat membawanya ke mezbah di Persembahan. Dalam praktiknya, peran diaken dan subdiakon dalam Misa Agung yang khusyuk umumnya dilakukan oleh pria yang sudah ditahbiskan sebagai imam, mengenakan jubah subdiakon atau diakon. Ordinariat Pribadi Tahta Santo Petrus menggunakan pembantunya yang dilembagakan dalam peran subdiakon, tetapi juga menggunakan pria yang ditahbiskan sebagai imam atau diaken untuk peran subdiakon.

Referensi[sunting | sunting sumber]