Sindik Apostolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sindik Apostolik adalah seorang awam Katolik, yang atas nama, dan dengan otoritas, dari Takhta Suci, mengemban tanggung jawab dan administrasi sipil dari temporalitas dan khususnya sedekah uang yang ditujukan untuk dukungan dan manfaat dari biara Fransiskan, dan dari situ memenuhi kebutuhan para bruder.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bagi Ordo Fratrum Minorum, kepemilikan korporasi maupun individu dilarang oleh konstitusi atau peraturan. Selama tahun-tahun pertama keberadaan ordo, kepatuhan literal terhadap ajaran ini, yang dapat dilakukan sebaik mungkin, tidak menimbulkan kesulitan; tetapi seiring berjalannya waktu, dan tatanan berkembang sebagai organisasi yang luas, dan menyebar ke seluruh dunia, kesulitan yang tak terhitung jumlahnya harus dihadapi dan kontroversi sengit muncul, quaestio de paupertate berlangsung selama berabad-abad. Untuk melestarikan dan melindungi sejauh mungkin surat itu serta semangat "pengambilalihan" lengkap yang dianjurkan oleh St. Fransiskus, para paus mengadopsi "fictio juris" yang menganggap diri mereka sebagai pemilik semua barang yang dianugerahkan kepada para biarawan. . Dengan demikian, para biarawan secara hukum dianggap sebagai pengguna belaka, hak properti berada di tangan Paus Roma, kecuali dalam kasus di mana para donor membuat reservasi eksplisit atas nama mereka sendiri. Tetapi karena administrasi sipil properti untuk kepentingan sendiri adalah tindakan kepemilikan, dan ini dilarang oleh aturan, administrasi seperti itu harus dilakukan oleh seorang pengurus yang ditunjuk, atau setidaknya diberi wewenang, oleh Tahta Suci.

Menurut Dekrit Nicholas III, "Exiit qui seminat" (pasal 12, n. 2) tertanggal 14 Agustus 1279, penunjukan Sindik Apostolik terletak pada paus yang berdaulat atau ordo pelindung kardinal; terkadang uskup bertindak sebagai delegasi mereka dalam hal ini; tetapi Paus Martinus IV ("Exultantes", 18 Januari 1283) memberdayakan atasan ordo — jenderal, provinsi, dan kustodes — dalam lingkup yurisdiksi masing-masing, untuk mengangkat dan menghapus sindik sesuai kebutuhan.

Kekuatan yang lebih besar yang dimiliki sindik oleh Martin IV dan penerusnya, Paus Martinus V ("Constitutiones Martinianae" in Wadding, "Annales", X, 301) dan Paus Paulus IV ("Ex Clementi ", 1 Juli 1555), memunculkan sebutan syndicus Martinianus yang bertentangan dengan syndicus communis. Yang terakhir ini, sebagaimana ditetapkan oleh Nicholas III (Exiit) dan Paus Klemens V ("Exivi de Paradiso", 6 Mei 1312), hanya dapat berurusan dengan properti bergerak (kecuali barang berharga) dan dengan membeli uang. Sindik Martinian di sisi lain, sebagai wali dan agen Tahta Suci atas nama para biarawan, dapat menerima dan membuang semua barang bergerak dan tidak bergerak (persembahan uang, warisan, dan remunerasi) dan, sesuai dengan kepercayaannya, lembaga proses di pengadilan dan mengambil langkah-langkah lain yang mungkin dianggap perlu untuk melindungi kepentingan masyarakat yang menguntungkannya dia bertindak.

Sindik Apostolik dan istri serta anak-anaknya diberikan kenikmatan semua dan bermacam-macam indulgensi, pengampunan, dan hak istimewa yang diperoleh, atau akan diperoleh oleh para saudara sendiri, dari Takhta Suci (Paus Klemens VII, "Dum Consideramus", 16 April 1526)

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "Apostolic Syndic". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton.