Protodiakon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Proto-deakon)

Protodiakon berasal dari kata Yunani proto- yang artinya 'pertama' dan diakonos, yang merupakan sebuah kata Yunani kuno standar yang artinya "asisten", "pelayan", atau "pria penunggu". Kata tersebut dapat merujuk kepada berbagai rohaniwan manapun, tergantung pada penggunaan gereja yang diacu.

Ritus Roma[sunting | sunting sumber]

Dalam ritus Roma, Kardinal Diakon senior adalah Protodiakon Kardinal dari Gereja Romawi Suci. Ia memiliki hak mengumumkan pemilihan dan nama Paus baru yang terpilih (meskipun ia ditahbiskan pada Episkopat[1]) dalam pengumuman Habemus Papam yang diberikan dari balkon tengah Basilika Santo Petrus di Negara Kota Vatikan. Pada masa lalu, saat pengangkatan kepausan, Protodiakon juga memiliki kehormatan memberikan palium pada Paus baru dan memahkotainya dengan mahkota kepausan. Namun pada 1978, Paus Yohanes Paulus I memilih untuk tidak dimahkotai dan mengopsikan upacara pelantikan kepausan yang lebih sederhana, dan tiga penerusnya mengikuti contoh tersebut. Akibatnya, hak kardinal protodiakon dalam memahkotai Paus baru secara efektif dihapuskan. Namun, Protodiakon masih memiliki hak memberikan palium pada Paus baru di pengangkatan kepausannya.[2] Kardinal Protodiakon saat ini adalah Renato Martino.[3]

Referensi hukum kanon[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ap. Const. Universi Dominici Gregis, No. 89
  2. ^ Canon 355 §2.
  3. ^ "Assegnazione del titolo presbiterale ad alcuni cardinali diaconi creati nel consistoro del 21 ottobre 2003" (dalam bahasa Italian). 2014-06-12. Diakses tanggal 2014-06-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]