Konsultor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konsultor adalah orang yang memberikan nasihat, yaitu, seorang konselor.

Di Gereja Katolik, Konsultor adalah gelar khusus untuk berbagai posisi penasehat:

  • dalam Kuria Roma, seorang konsultor adalah seorang ahli yang ditunjuk secara khusus yang dapat dipanggil untuk meminta nasihat yang diinginkan oleh suatu departemen. Konsultan, yang dapat menjadi anggota pendeta, wanita atau pria religius, atau awam, dan bahkan mungkin non-Katolik, dipanggil sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kompetensi mereka di bidang tertentu. bidang. Keputusan kemudian dibuat oleh para kardinal dan (sejak Konsili Vatikan II) para uskup yang menjadi anggota departemen, mereka yang paling penting dibuat pada pertemuan pleno, yang pada prinsipnya diadakan setiap tahun, di mana bahkan para anggota yang tidak tinggal di Roma ambil bagian, sedangkan yang penting tetapi bersifat biasa diambil pada pertemuan biasa yang lebih sering, dan pekerjaan rutin sehari-hari dilakukan oleh prefek atau presiden departemen, dibantu oleh sekretaris dan wakil sekretaris dan anggota staf lainnya.
  • di sebuah keuskupan, dewan penasihat terdiri dari imam yang bertugas menasihati uskup; beberapa keputusan mengharuskan mereka untuk didengar, yang lain membutuhkan persetujuan mereka; ketika situasi sede vacante muncul, kolegium konsultan wajib memilih pengurus keuskupan dalam waktu delapan hari setelah menerima pemberitahuan lowongan.[1]
  • dalam jemaat reguler tertentu (yaitu tatanan agama konsultan dapat menasihati atasan jenderal, (misalnya enam konsultor yang berbeda secara geografis kepada atasan jenderal Passionis), pemimpin provinsi (mis. Redemptorist Vice-provincials), atau pemimpin lokal.

Referensi[sunting | sunting sumber]