Antifon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Liber responsorialis, antifon untuk ofisi malam Natal di halaman kanan. Nada-nada Mazmur terkait ditandai dengan nomor dan nada akhir; nada-nada untuk akhir doksologi ditunjukkan dengan huruf-huruf hidup: et in secula seculorum amen.

Antifon (bahasa Yunani: ἀντίφωνον, ἀντί "berlawanan" atau "seberang" dan φωνή "suara") dalam ritual dan musik Kristen adalah suatu responsorium (tanggapan) oleh umat atau paduan suara (kor), yang biasanya dinyanyikan dengan gaya kidung Gregorian, terhadap sebuah mazmur atau teks lainnya dalam suatu karya musik atau ibadah liturgis. Antifon memberi pengaruh pada gaya bernyanyi antifoni.

Musik antifonal adalah musik yang dibawakan oleh dua paduan suara semi independen dalam suatu interaksi, seringkali dengan cara menyanyikan frasa-frasa musikal secara bergantian.[1] Nyanyian mazmur antifonal adalah musik atau nyanyian mazmur yang dibawakan secara bergantian oleh beberapa kelompok pemusik atau penyanyi.[2] Antifoni adalah juga suatu buku kor yang berisikan antifon-antifon.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ E. Foley and M. Paul, Worship music: a concise dictionary (Liturgical Press, 2000), p. 18.
  2. ^ J. McKinnon, Music in early Christian literature (Cambridge University Press, 1989), p. 10.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]