Umbrakulum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Umbraculum)
Lambang kepausan selama sede vacante – menampilkan umbrakulum
Umbrakulum di Basilika Maria Dikandung Tanpa Noda, Kota Batangas

Umbrakulum (bahasa Italia: ombrellone, "payung besar",[1] di basilika juga conopaeum[2]) adalah bagian bersejarah dari regalia dan insignia kepausan, yang pernah digunakan sehari-hari untuk memberi keteduhan bagi Paus (Galbreath, 27). Juga dikenal sebagai paviliun, dalam penggunaan modern payung adalah simbol Gereja Katolik dan otoritas Paus di atasnya. Umbraculum ditemukan dalam Gereja kontemporer di semua basilika di seluruh dunia, ditempatkan secara mencolok di sebelah kanan altar utama mereka. Setiap kali Paus mengunjungi basilika, payungnya dibuka.

Diterjemahkan dari Bahasa Latin ke dalam Bahasa Italia, ini dikenal sebagai ombrellino, atau dalam Bahasa Indonesia sebagai payung. Bentuknya sebagai kanopi tipe Baldachin dengan garis-garis lebar emas dan merah bergantian, warna tradisional masa kepausan (putih baru mulai digunakan sebagai warna kepausan setelah perang Napoleon).

Siklus lukisan dinding dari tahun 1248 di pidato San Silvestro di gereja Roma Santi Quattro Coronati menunjukkan bahwa payung sudah digunakan sebagai lambang kepausan di acara-acara publik dengan warna tradisional emas dan merah.

Umbraculum menjadi bagian dari Lambang Takhta Suci sede vacante, yaitu antara masa pemerintahan dua paus. Ini pertama kali digunakan sebagai lambang interregnal dengan cara ini pada koin yang dicetak pada tahun 1521 (Galbreath, 34). Lambang camerlengo Gereja Roma Suci, yang menjalankan kedaulatan sementara Takhta Suci selama sede vacante, juga dihiasi dengan sepasang kunci emas dan perak di saltire yang di atasnya terdapat sebuah payung.

Umbraculum adalah salah satu simbol yang dianugerahkan oleh Paus ketika ia mengangkat sebuah gereja ke peringkat basilika minor; umbraculum basilika mayor terbuat dari kain emas dan beludru merah, sedangkan payung basilika minor terbuat dari kuning dan [[sutra'] merah. Payung digunakan sebagai konsol di belakang perisai pada lambang basilika. Namun simbol-simbol ini tidak disebutkan dalam arahan Vatikan tahun 1989.

See also[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]