Paduan Suara Kapel Sistina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loteng paduan suara Kapel Sistina pada awal abad ke-17, digambarkan oleh Agostino Tassi (di sini dalam salinan tahun 1848 oleh Ingres).

Paduan Suara Kapel Sistina atau secara resmi Coro della Cappella Musicale Pontificia Sistina dalam bahasa Italia, adalah paduan suara pribadi Paus. Ia melakukan fungsi kepausan di Kapel Sistina dan di gereja lain mana pun di Roma di mana Paus memimpin, termasuk Basilika Santo Petrus. Salah satu paduan suara tertua di dunia, paduan suara ini dibentuk sebagai paduan suara pribadi Paus oleh Paus Sistus IV (dari mana paduan suara dan kapel tempat paduan suara tersebut tampil mengambil nama mereka). Meskipun didirikan pada akhir abad ke-15, akarnya berasal dari abad ke-4 dan pada masa pemerintahan Paus Silvester I.

Komposisi dan jumlah paduan suara berfluktuasi selama berabad-abad. Namun, paduan suara modern terdiri dari dua puluh pria (tenor dan bass) dan tiga puluh anak laki-laki (soprano dan alto). Paduan suara pria (Cantori) terdiri dari penyanyi profesional. Anggota paduan suara putra (Pueri Cantores) tidak dibayar saat tampil di acara kepausan, tetapi menerima pendidikan gratis di sekolah mereka sendiri di Roma, yang dikenal sebagai Schola Puerorum. Sejak akhir abad ke-20, selain tugas kepausannya, paduan suara ini telah melakukan tur internasional, berpartisipasi dalam siaran radio dan televisi, dan merekam untuk Deutsche Grammophon.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]