Spanduk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Spanduk-spanduk Kestria Thistle yang disimpan di Katedral St. Giles

Spanduk (Inggris: banner) adalah sebuah bendera berukuran panjang yang menampilkan sebuah simbol, logo, slogan atau pesan lainnya. Bendera yang dirancang disamakan dengan tameng dalam sebuah lambang (namun selalu dalam bentuk kotak atau segiempat) adalah sebuah spanduk lengan. Kebanyakan spanduk atau panji memiliki proporsi dimensi lebar di atas 1 meter.

Pembuatan spanduk adalah sebuah kerajinan kuno. Spanduk-spanduk geraja umumnya menampilkan gambar santo/santa yang dijunjung di gereja tersebut.

Spanduk kebentaraan[sunting | sunting sumber]

Spanduk kebentaraan, yang juga disebut spanduk lengan, hanya menampilkan lambang dasar.

Spanduk olahraga[sunting | sunting sumber]

Spanduk FC Nantes

Para pendukung Club Nacional de Football dari Uruguay membuat sebuah spanduk berukuran 600 x 50 meter dan memiliki berat 2 ton; mereka mengklaim bahwa spanduk tersebut adalah spanduk terbesar di dunia.[1]

Spanduk pengiklanan[sunting | sunting sumber]

Spanduk sering dibuat secara komersial dengan bahan dasar plastik, industri spanduk telah berkembang dari spanduk vinil tradisional menjadi spanduk yang dicetak dalam pencetak sembur tinta dengan format adilebar pada berbagai bahan vinil dan kain menggunakan tinta pelarut dan tinta yang dapat dihilangkan dengan pancaran ultraviolet.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gigante como si hinchada Diarsipkan 2012-11-15 di Wayback Machine. - Diario Ovción, 11 Agustus 2012