Gunung Kulabu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Kulabu
Mount Kulabu
Titik tertinggi
Ketinggian2.179 m (7.149 ft)
Masuk dalam daftarRibu
Koordinat0°28′0″N 99°53′49″E / 0.46667°N 99.89694°E / 0.46667; 99.89694
Geografi
PegununganBukit Barisan

Gunung Kulabu adalah sebuah Gunung yang terletak di perbatasan Sumatera Barat dan sumatera Utara tepatnya di Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia yang memiliki ketinggian 2179 meter, atau setara dengan 7149 kaki. Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Kulabu ini masih belum tereksplor secara luas, karena minimnya aktivitas pendakian ke sana. Padahal sebenarnya keindahan alam yang disajikan oleh Gunung Kulabu tidak kalah indahnya dari gunung-gunung lain di dunia.

Disekitaran Gunung Kulabu Dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai lahan pertanian karena keadaan tanahnya yang subur. disini masyarakat banyak menanam tanaman kopi dan kulit manis. selain itu konon kabarnya Gunung Kulabu juga mengandung Potensi emas yang sangat melimpah, sehingga dari zaman penjajahan daerah Gunung Kulabu telah menjadi rebutan bagi para pengusaha tambang untuk dieksplor hasilnya.

Dari Gunung Kulabu Juga merupakan sumber air bagi warga sekitar untuk mengolah pertanian dan sebagai kebutuhan sehari-hari. diantara sungai yang berhulu di gunung Kulabu adalah Sungai Batang Barilas dan Batang Gadis. Sungai Batang Barilas mengalir ke arah selatan ke wilayah Sumatera Barat tepatnya kecamatan Dua Koto Pasaman. sedangkan Arilan Batang Gadis mengalir ke Utara dareah Pakantan.