Sugianto Sabran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
H.
Sugianto Sabran
Gubernur Kalimantan Tengah ke-12
Petahana
Mulai menjabat
25 Mei 2016
Presiden Joko Widodo
Wakil Habib Said Ismail
Didahului oleh Hadi Prabowo (Pj.)
Informasi pribadi
Lahir 5 Juli 1973 (umur 43)
Bendera Indonesia Sampit, Kalimantan Tengah
Suami/istri Ussy Sulistiawaty (m. 2005–2006)
Anak Syafa Al Zahra
Nur Amalia Putri
Agama Islam

H. Sugianto Sabran (lahir di Sampit, 5 Juli 1973; umur 43 tahun) adalah Gubernur Kalimantan Tengah sejak 25 Mei 2016. Ia menggantikan penjabat gubernur Hadi Prabowo dan gubernur sebelumnya, Agustin Teras Narang, setelah terpilih dalam Pilgub Kalteng 2016, dan berpasangan dengan wakil bupati Habib Said Ismail.[1]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Sugianto Sabran lahir di Sampit, 5 Juli 1973 dan berdarah Dayak Ot Danum.[2] Di Kotawaringin, Sugianto dikenal sebagai pengusaha lokal yang sukses.

Sugianto adalah politikus PDIP yang pernah menjadi anggota DPR periode 2009-2014. Di DPR, Sugianto duduk di Komisi IV DPR yang mengurusi masalah kehutanan, pertanian, pangan.

Pada 2010, Sugianto maju di Pemilukada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, berpasangan dengan Eko Soemarno. Hanya ada dua pasang calon di pemilukada itu. Lawan Sugianto saat itu adalah Bupati incumbent Ujang Iskandar yang berpasangan dengan Bambang Purwanto.

Sugianto memenangkan pemungutan suara Bupati Kotawaringin pada Juni 2010. Namun kemenangannya digugat oleh Ujang Iskandar ke Mahkamah Konstitusi (MK). Ujang menggandeng Bambang Widjojanto sebagai pengacara.

Setelah melalui proses pengadilan, MK lalu menganulir kemenangan Sugianto dan memenangkan Ujang. Setelah proses pengadilan di MK selesai, kubu Sugianto melaporkan seorang saksi bernama Ratna atas tuduhan keterangan palsu. Ratna divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, lalu dipenjara selama 5 bulan.

Kelanjutan kasus Ratna itulah yang dijadikan dasar oleh Polri untuk menangkap Bambang Widjojanto. Bambang dianggap mengarahkan Ratna untuk memberi kesaksian palsu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jhon K. "Mengenal Lebih Dekat Sosok H. Sugianto Sabran". mediaintegritas.com. Diakses tanggal 15 Maret 2016. 
  2. ^ "Cagub Kalteng Sugianto Janji Tak ke MK". beritasatu.com. Diakses tanggal 15 Maret 2016. 
Jabatan politik
Didahului oleh:
Hadi Prabowo (pj.)
Gubernur Kalimantan Tengah
25 Mei 2016–sekarang
Diteruskan oleh:
masih menjabat