Portal:Kucing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Header del Portale Gatti.jpg

Portal Kucing

sunting   

Tentang kucing domestik (Felis silvestris catus)

Collage of Six Cats-03.JPG

Kucing, disebut juga kucing domestik atau kucing rumah (nama ilmiah: Felis silvestris catus atau Felis catus), adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga felidae. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa, harimau, dan macan.

Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung. (baca lebih lanjut...)

sunting   

Artikel pilihan

Anak kucing
Anak kucing adalah kucing domestik yang belum dewasa. Ibu kucing biasanya dapat melahirkan 2-5 anak kucing. Untuk bertahan hidup, anak kucing membutuhkan perawatan dari induk mereka selama beberapa minggu pertama kehidupan mereka. Anak kucing adalah hewan yang sangat sosial dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bermain dan berinteraksi dengan teman yang ada.

Biasanya ibu kucing dapat mengandung anak sebanyak 2-5 anak kucing. Mereka lahir setelah kehamilan yang berlangsung antara 64 dan 67 hari, dengan rata-rata 66 hari, dalam kantung amnion yang digigit dan dimakan oleh induknya.

sunting   

Gambar pilihan

Scheme cat anatomy-en.svg
(Oleh: Bibi Saint-Pol)
Anatomi umum dari kucing (Felis silvestris catus).
sunting   

Video pilihan

Klik tombol pemutar video (►) untuk memutar videonya. Jika tidak dapat memutarkan/menonton video, Anda dapat membaca bantuan memainkan berkas media.

Cari video lain yang berhubungan dengan kucing di Wikipedia Commons.
sunting   

Kategori

sunting   

Ras kucing pilihan

Japanese Bobtail
Japanese Bobtail adalah salah satu ras kucing alami yang berasal dari Jepang. Japanese Bobtail sudah ada sejak ribuan abad yang lalu. Nama ras ini banyak disebutkan dan digambarkan dalam berbagai dokumen-dokumen kuno Jepang. Selain itu, Japanese Bobtail dipercayai sebagai wujud asli dari Maneki Neko.

Japanese Bobtail dipercayai sebagai salah satu wujud asli dari kucing terkenal bernama "Maneki Neko". Maneki Neko digambarkan sebagai ras kucing Japanese bobtail yang sedang duduk dengan salah satu kaki depan diangkat. Sikap badan kucing ini sangat terkenal, dan merupakan perlambangan "keberuntungan" dan "selamat datang". Biasanya, patung kucing ini akan menggerak-gerakkan tangannya dengan naik turun, sehingga seperti sedang melambaikan tangan pada orang-orang.

sunting   

Tokoh pilihan

Tama
Tama adalah kucing betina belang tiga yang memiliki jabatan khusus sebagai kepala stasiun sekaligus pejabat eksekutif Wakayama Electric Railway di Stasiun Kishi, Kinokawa, Prefektur Wakayama, Jepang. Tugasnya sebagai pemikat agar pengunjung mau datang ke Stasiun Kishi.

Tama mulai diliput media massa setelah dilantik sebagai kepala stasiun pada 5 Januari 2007. Pelantikannya bersamaan dengan diangkatnya dua staf Tama, kucing betina sebagai asisten. Ketiga ekor kucing tersebut adalah kucing peliharaan milik kios Koyama di stasiun tempat mereka dijadikan pemikat orang untuk naik kereta api. Ketiga ekor kucing berhak atas pekerjaan seumur hidup dan mendapat gaji tahunan dari perusahaan kereta api berupa makanan kucing jatah 1 tahun.

sunting   

Tahukah Anda

  • "...bahwa kucing polidaktil (foto) memiliki jumlah jari kaki yang lebih dari kucing biasanya? Kucing polidaktil memiliki 6 jari pada kaki depan dan 5 jari pada kaki belakang, sehingga jari kakinya berjumlah 22 jari dan bahkan dapat lebih dari itu. Sedangkan, kucing normal memiliki 5 jari pada kaki depan dan 4 jari pada kaki belakang, sehingga berjumlah 18 jari."
  • "...bahwa kucing dapat mengarahkan tubuhnya dengan benar ketika terjatuh dari ketinggian sehingga mereka dapat selamat? Kemampuan ini dinamakan refleks meluruskan. Kucing dapat sempurna melakukan ini ketika menginjak usia 3-4 minggu."
  • "...bahwa kucing tidak dapat merasakan makanan karena kurangnya sensor saraf perasa di lidah mereka? Kucing hanya memiliki 473 sensor saraf perasa, sedangkan manusia sekitar 9000 sensor. Jika manusia memiliki nafsu makan pada rasa makanan, kucing memiliki nafsu makanan pada bau makanan."
  • "...bahwa pernikahan hewan termahal di dunia adalah pernikahan antara sepasang kucing bernama Phet dan Ploy? Pernikahan ini diselenggarakan di Thailand pada tahun 1996. Dalam pernikahan tersebut telah menghabiskan biaya sebesar 427,220 dolar AS atau lebih dari 5 triliun rupiah."
  • "...bahwa rekor kucing melahirkan anak terbanyak selama setahun dipegang oleh Dusty dari Bonham, Texas? Dusty telah melahirkan anak kucing sebanyak 420 ekor pada tahun 1952 dan dia telah disebut sebagai kucing paling produktif."
sunting   

Topik


sunting   

Portal terkait

sunting   

Proyek Wikimedia