Portal:Kucing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Header del Portale Gatti.jpg

Portal Kucing

Tentang kucing domestik (Felis silvestris catus)

Collage of Six Cats-03.JPG

Kucing, disebut juga kucing domestik atau kucing rumah (nama ilmiah: Felis silvestris catus atau Felis catus), adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga felidae. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa, harimau, dan macan.

Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung. (baca lebih lanjut...)

Artikel pilihan

Makanan kucing
Makanan kucing adalah makanan khusus yang diberikan dan dikonsumsi oleh kucing domestik. Makanan kucing harus memiliki kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh kucing, yaitu makanan yang banyak mengandung vitamin dan asam amino. Makanan yang mengandung asam amino taurin contohnya adalah daging. Kekurangan zat taurin dalam jangka waktu panjang, misalnya jika kucing diberi makanan anjing yang mengandung sedikit taurin, dapat mengakibatkan degenerasi retina, kebutaan dan kerusakan jantung.

Makanan kucing kebanyakan dapat dibeli di toko makanan kucing, toko hewan peliharaan dan pasar swalayan, yang terdapat dalam bentuk kering (di Amerika Serikat dikenal dengan sebutan "kibble") maupun basah dalam bentuk kalengan. Beberapa produsen menjual makanan mentah yang sudah beku dan produk premiks untuk pemilik yang ingin memberikan makan mentah pada kucing.

Gambar pilihan

Scheme cat anatomy-en.svg
(Oleh: Bibi Saint-Pol)
Anatomi umum dari kucing (Felis silvestris catus).

Video pilihan

Klik tombol pemutar video (►) untuk memutar videonya. Jika tidak dapat memutarkan/menonton video, Anda dapat membaca bantuan memainkan berkas media.

Cari video lain yang berhubungan dengan kucing di Wikipedia Commons.

Kategori

Ras kucing pilihan

Oriental Shorthair
Oriental Shorthair adalah salah satu ras kucing yang merupakan hasil persilangan ras Siamese. Ras kucing ini pertama kali dikembangkan di Inggris pada abad ke-20. Oriental Shorthair mirip dengan tipe tubuh Siamese. Ras kucing ini datang dalam banyak variasi warna dan pola. Oriental Shorthair merupakan kucing yang tidak komunikatif seperti Siamese, tetapi, ras kucing ini sangat senang mendampingi pemiliknya.

Oriental Shorthair adalah kucing yang ingin menjadi selalu diperhatian. Jika dia selalu diabaikan, hal itu akan membuatnya menjadi sangat sensitif dan rewel. Oriental Shorthair selalu menghibur pemiliknya dengan menunjukkan antusiasme dalam semua hal.

Oriental Shorthair juga merupakan kucing yang ingin tahu, sehingga dia akan selalu mengikuti pemiliknya akan pergi kemana saja dan memperhatikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemiliknya. Oriental Shorthair lebih lembut pada saat mengeong dari pada Siamese. Selain itu, ras kucing ini suka sekali mengeong kepada orang dan tidak pernah terlalu lelah untuk memulai sebuah percakapan.

Tokoh pilihan

Casper
Casper adalah seekor kucing domestik jantan yang menarik perhatian media di seluruh dunia pada tahun 2009 ketika dilaporkan bahwa ia adalah seekor kucing komuter bus reguler di Plymouth, Devon, Inggris. Dia muncul di BBC News dan koran berita The Guardian. Casper memiliki sebuah buku yang ditulis oleh pemilknya tentang dia, Casper the Commuting Cat (Casper si Kucing Komuter). Casper meninggal pada tanggal 14 Januari 2010 karena ditabrak oleh mobil taksi.

Casper diadopsi dari sebuah pusat penyelamatan hewan di Weymouth, Dorset, Inggris pada tahun 2002 oleh Susan Finden, seorang petugas kesehatan berusia 48 tahun. Casper telah berada di pusat penyelamatan selama sekitar sepuluh bulan. Pemiliknya di pusat penyelamatan memanggilnya dengan nama Morse. Tetapi, setelah beberapa hari tinggal dengan pemilik barunya di rumahnya yang terletak di Weymouth, Finden mengubah namanya menjadi Casper.

Tahukah Anda

  • "...bahwa kucing polidaktil (foto) memiliki jumlah jari kaki yang lebih dari kucing biasanya? Kucing polidaktil memiliki 6 jari pada kaki depan dan 5 jari pada kaki belakang, sehingga jari kakinya berjumlah 22 jari dan bahkan dapat lebih dari itu. Sedangkan, kucing normal memiliki 5 jari pada kaki depan dan 4 jari pada kaki belakang, sehingga berjumlah 18 jari."
  • "...bahwa kucing dapat mengarahkan tubuhnya dengan benar ketika terjatuh dari ketinggian sehingga mereka dapat selamat? Kemampuan ini dinamakan refleks meluruskan. Kucing dapat sempurna melakukan ini ketika menginjak usia 3-4 minggu."
  • "...bahwa kucing tidak dapat merasakan makanan karena kurangnya sensor saraf perasa di lidah mereka? Kucing hanya memiliki 473 sensor saraf perasa, sedangkan manusia sekitar 9000 sensor. Jika manusia memiliki nafsu makan pada rasa makanan, kucing memiliki nafsu makanan pada bau makanan."
  • "...bahwa pernikahan hewan termahal di dunia adalah pernikahan antara sepasang kucing bernama Phet dan Ploy? Pernikahan ini diselenggarakan di Thailand pada tahun 1996. Dalam pernikahan tersebut telah menghabiskan biaya sebesar 427,220 dolar AS atau lebih dari 5 triliun rupiah."
  • "...bahwa rekor kucing melahirkan anak terbanyak selama setahun dipegang oleh Dusty dari Bonham, Texas? Dusty telah melahirkan anak kucing sebanyak 420 ekor pada tahun 1952 dan dia telah disebut sebagai kucing paling produktif."

Topik

Portal terkait

Proyek Wikimedia