Portal:Kucing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Header del Portale Gatti.jpg

Portal Kucing

sunting   

Tentang kucing domestik (Felis silvestris catus)

Collage of Six Cats-03.JPG

Kucing, disebut juga kucing domestik atau kucing rumah (nama ilmiah: Felis silvestris catus atau Felis catus), adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga felidae. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa, harimau, dan macan.

Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.

Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung. (baca lebih lanjut...)

sunting   

Artikel pilihan

Kucing dua warna
Kucing dua warna adalah seekor kucing yang memiliki warna bulu putih yang dikombinasikan dengan warna lainnya, misalnya hitam atau tabby. Kucing dua warna memiliki berbagai macam pola bulu, mulai dari pola Van yang terdapat di seluruh bagiannya kecuali bagian kepala dan ekornya yang memiliki warna lainnya sampai warna solid.

Kucing dua warna kelas menengah memiliki warna putih pada wajah, telapak kaki, tenggorokan (leher), dan dada, kemudian sisanya adalah warna hitam, yang di Amerika Serikat dikenal dengan sebutan kucing tuksedo atau kucing billi. Sedangkan kucing dua warna kelas tinggi memiliki pola warna Van. Ada banyak pola warna pada kucing dua warna, seperti pola "topi-dan-sadel", "topeng-dan-mantel", dan "murai". Dua warna banyak ditemukan pada ras-ras kucing, serta menjadi warna yang umum pada kucing domestik berbulu panjang dan kucing domestik berbulu pendek.

sunting   

Gambar pilihan

sunting   

Video pilihan

Klik tombol pemutar video (►) untuk memutar videonya. Jika tidak dapat memutarkan/menonton video, Anda dapat membaca bantuan memainkan berkas media.

Cari video lain yang berhubungan dengan kucing di Wikipedia Commons.
sunting   

Kategori

sunting   

Ras kucing pilihan

Himalaya
Himalaya adalah salah satu ras kucing yang merupakan hasil persilangan antara ras Persia dengan ras Siamese. Persilangan tersebut adalah bertujuan untuk menciptakan ras kucing dengan tipe badan yang sama seperti Persia, tetapi dengan pola warna seperti Siamese. Himalaya sangat identik dengan mata berwarna biru dan pola warna point. Harga ras Himalaya yang berkualitas bagus dapat mencapai harga 5-15 juta rupiah, namun ada juga yang harganya di bawah 5 juta rupiah.

Himalaya adalah kucing yang sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tetapi, Himalaya baru dikenal di benua Eropa pada tahun 1950-an, dengan nama yang berbeda, yaitu "Colourpoint Persian". Pada tahun 1957, Himalaya terdaftar sebagai ras kucing yang berbeda dengan Persia, dan diberi nama "Himalaya". Namun sekarang, beberapa registrasi kucing memasukkan ras Himalaya ke dalam versi colorpoint-nya Persia, dikarenakan pola dan karakternya sama seperti Persia.

sunting   

Tokoh pilihan

Simon
Simon adalah seekor kucing kapal yang menjadi angkatan laut kerajaan yang bertugas pada kapal laut kerajaan HMS Amethyst. Pada tahun 1949, selama Insiden Yangtze, ia menerima sebuah medali dari PDSA yaitu "Dickin Medal" setelah selamat dari serangan meriam, yang meningkatkan moral dan membunuh hama tikus yang mewabah di kapal tersebut.

Simon awalnya ditemukan berkeliaran di dermaga di Hong Kong pada Maret 1948 oleh Ordinary Seaman George Hickinbottom, seorang anggota awak kapal Inggris HMS Amethyst yang berusia 17 tahun dan ditempatkan di kota di akhir 1940-an. Pada awal ditemukan Simon, Simon diperkirakan berusia sekitar satu tahun, dan dia sangat kurang gizi dan kurang sehat. Kemudian Hickinbottom menyelundupkan Simon di atas kapal. Simon sangat mahir dalam menangkap dan membunuh hama dan tikus di dek bawah. Kedatangan dan kemahiran Simon membuatnya disukai oleh para kru dan petugas kapal. Saat Simon berada di kapal, ia akan menangkap tikus, membunuhnya dan meletakkannya di atas tempat tidur kru, dan dia sendiri akan tidur di topi sang komandan kapal tersebut.

sunting   

Tahukah Anda

  • "...bahwa kucing polidaktil (foto) memiliki jumlah jari kaki yang lebih dari kucing biasanya? Kucing polidaktil memiliki 6 jari pada kaki depan dan 5 jari pada kaki belakang, sehingga jari kakinya berjumlah 22 jari dan bahkan dapat lebih dari itu. Sedangkan, kucing normal memiliki 5 jari pada kaki depan dan 4 jari pada kaki belakang, sehingga berjumlah 18 jari."
  • "...bahwa kucing dapat mengarahkan tubuhnya dengan benar ketika terjatuh dari ketinggian sehingga mereka dapat selamat? Kemampuan ini dinamakan refleks meluruskan. Kucing dapat sempurna melakukan ini ketika menginjak usia 3-4 minggu."
  • "...bahwa kucing tidak dapat merasakan makanan karena kurangnya sensor saraf perasa di lidah mereka? Kucing hanya memiliki 473 sensor saraf perasa, sedangkan manusia sekitar 9000 sensor. Jika manusia memiliki nafsu makan pada rasa makanan, kucing memiliki nafsu makanan pada bau makanan."
  • "...bahwa pernikahan hewan termahal di dunia adalah pernikahan antara sepasang kucing bernama Phet dan Ploy? Pernikahan ini diselenggarakan di Thailand pada tahun 1996. Dalam pernikahan tersebut telah menghabiskan biaya sebesar 427,220 dolar AS atau lebih dari 5 triliun rupiah."
  • "...bahwa rekor kucing melahirkan anak terbanyak selama setahun dipegang oleh Dusty dari Bonham, Texas? Dusty telah melahirkan anak kucing sebanyak 420 ekor pada tahun 1952 dan dia telah disebut sebagai kucing paling produktif."
sunting   

Topik


sunting   

Portal terkait

sunting   

Proyek Wikimedia