Kucing bulu dawai amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Bulu dawai amerika

AmericanWirehair.jpg
Asal  Amerika Serikat
Standar ras
TICA standar
WCF standar
CFA standar
CCA standar
ACFA/CAA standar
Kucing domestik (Felis catus)

Kucing bulu dawai amerika (bahasa Inggris: American Wirehair cat) adalah ras kucing domestik yang berasal dari bagian utara New York, Amerika Serikat. Ras kucing ini adalah ras kucing akibat mutasi genetik yang spontan. Salah satu ciri khasnya adalah bulunya yang berkerut. Kucing ini juga dihasilkan dari persilangan ras kucing bulu pendek amerika, agar memperkuat sifat genetiknya.

Bulu dawai amerika adalah kucing yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Kucing ini diketahui adalah kucing yang sehat dan tidak memiliki kelainan genetik. Harapan hidup rata-rata dapat mencapai 12-14 tahun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1966, peternak kucing bernama Joan O'Shea mengadopsi seekor anak kucing dari sebuah pertanian kecil di Vernon bernama Council Rock Farm. Ras kucing yang merupakan bulu dawai amerika tersebut memiliki bulu yang berbeda dengan ras kucing lainnya yang membuat Joan menjadi tertarik mengembangkannya. Sebagai peternak ras kucing rex, Joan mengatakan bahwa anak kucing jantan yang terlihat berantakan dan berwarna merah dan putih (kucing dua warna) yang diadopsinya itu akan mewakili generasi baru dari kucing.

Kemudian, ada juga peternak kucing milik tetangganya yang menghasilkan lebih dari 2 anak kucing ras bulu dawai amerika dari seekor kucing yang juga ras bulu dawai amerika bernama Council Rock Farm Adam of Hi-Fi. Kedua anak kucing dipeternakan kucing itu kemudian dibeli oleh Joan dan bernama Abby dan Amy.

Joan kemudian menjual Amy kepada peternak kucing ras rex bernama Bill dan Madeline Beck, agar ras kucing ini dapat berkembang baik dan menjadi terkenal di dunia kucing. Dan Amy kemudian melahirkan beberapa anak kucing ras bulu dawai amerika, yang diantaranya bernama Barberry Ellen. Anak yang dilahirkan oleh Amy adalah kucing ras bulu dawai amerika homogizot yang pertama kali lahir.

Pada tahun 1967, Madeline mengajukan petisi kepada CFA (Cat Fanciers' Association) agar ras bulu dawai amerika terdaftar. Petisi itu dikabulkan oleh CFA, dan bulu dawai amerika kemudian diakui sebagai ras percobaan.

Sejak ras kucing ini populasinya meningkat, Joan merasa bahwa standar ras bulu dawai amerika harus menggambarkan penyesuaian seperti standar bulu pada ras American Shorthair. Sejak saat itu, standar ras bulu dawai amerika telah berubah sedikit untuk menggambarkan perubahan yang muncul pada anak kucing berikutnya.

Pada sekitar tahun 1970, Joan berhenti bekerja sebagai peternak kucing, dan Madeline juga telah lama sudah tidak menjadi peternak kucing lagi. Sejak itu, beberapa peternak kucing, para hakim kontes kucing, dan peserta kontes kucing telah terus berusaha untuk mengembangbiakan ras kucing ini. Selain itu, ras kucing ini juga dipersilangkan dengan ras American Shorthair, untuk memperkuat sifat-sifat genetiknya.

Kemudian pada tahun 1978, ras ini berubah status menjadi ras kejuaraan (championship) oleh CFA. Pada tahun 1995, bulu dawai amerika yang terdaftar di CFA hanya ada 74 ekor kucing.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Bulu dawai amerika adalah kucing berbadan sedang sedang dengan berat badan dapat mencapai 4-5,5 kg. Kepalanya berbentuk sedikit bulat dan pipinya menonjol. Kumis kucing ini berbentuk keriting. Punggung, bahu, dan pinggulnya lebar. Ekornya berukuran sedang, pangkalnya tebal, dan ujung tumpulnya tipis. Bulunya tebal dan kasar.

Bulu pada kucing bulu dawai amerika berbeda dengan bulu yang dimiliki oleh rex cornish. Ras ini memiliki tiga jenis bulu. Selain itu, gen dominan yang dimiliki oleh bulu dawai amerika tidak seperti gen resesif yang dimiliki oleh rex cornish dan rex devon. Bulu kucing bulu dawai amerika terlihat berkerut atau tertekuk, sehingga bulunya menjadi tebal dan membentuk ikal bukan gelombang. Sampel rambut yang dikirim oleh peternak kucing kepada ahli genetik dari Britania Raya bernama Roy Robinson, Roy telah menyimpulkan bahwa ketiga jenis rambut (yaitu down, awn, dan guard) adalah berbentuk melintir/tergulung/membengkok. Saat ini, banyak variasi tekstur dan panjang pada bulu ras kucing. Bulu yang paling disukai oleh orang-orang adalah bulu yang berukuran pendek, sangat tebal, dan kasar saat disentuh.

Kepribadian dan temperamen[sunting | sunting sumber]

Bulu dawai amerika adalah kucing yang penuh perhatian dan kasih sayang. Mereka aktif (namun tidak hiperaktif), cerdas, dan selalu ingin terlibat dalam aktivitas pemiliknya. Bulu dawai amerika juga senang mengikuti pemiliknya kemana saja untuk mengawasi daerah sekitarnya. Peternak kucing mengatakan bahwa ras kucing ini selalu tahu perasaan (empati) dari pemilik anggota keluarganya, dan membuat pemilik anggota keluarganya menjadi nyaman dan membentuk persahabatan. Pada saat itulah, mereka mendengkur dan duduk di samping pemiliki anggota keluargnya untuk memberikan sebuah dukungan.

Bulu dawai amerika memiliki rasa humor, senang menghibur, senang membuat orang tertawa, dan juga senang menjadi pusat perhatian. Kucing ini juga tangkas, gesit, lincah, cinta humor, dan kucing yang tenang. Bulu dawai amerika juga mudah beradaptasi dengan manusia serta hewan peliharaan lainnya. Kucing ini juga adalah kucing yang jarang mengeong atau pendiam. Ras kucing ini juga senang untuk memanjat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]