Keuda amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Keuda amerika

AmericanKeuda.jpg
Asal  Amerika Serikat
Kucing domestik (Felis catus)

Keuda amerika adalah salah satu ras kucing dari Amerika Serikat yang pertama kali dikembang biakan pada tahun 1980-an. Nama "Keuda" sendiri merupakan singkatan dari kata "Kitten Evaluation Under Direct Assessment", yang merupakan sebuah organisasi di Amerika Serikat. Ras ini belum diakui oleh organisasi pendaftaran-pendaftran kucing internasional. Oleh karena itu, ras kucing ini sejak tahun 2002 mulai dikembangkan lagi.

Keuda amerika adalah kucing berbulu pendek, namun kadang-kadang ada juga yang berbulu sedang. Bulunya terasa halus dan licin, serta terlihat mengkilap. Kucing ini memiliki lapisan kulit bawah yang sangat tipis. Kucing ini hadir dalam berbagai macam pola dan warna bulu, seperti solid (putih, abu-abu, cokelat, hitam, merah (cokelat kejinggaan), dan krem), shadded (smoke (warna asap), chinchilla, perak, dan emas), dan warna kombinasi (tabby). Selain itu, kadang-kadang kucing ini terlihat mirip dengan ras Egyptian Mau, Siamese, dan Havana Brown.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Keuda amerika adalah kucing berbulu pendek yang mirip seperti ras Egyptian Mau. Kucing ini adalah kucing berbadan sedang dengan tulang yang kuat dan badan yang berotot. Kucing ini adalah kucing yang pintar memanjat dan cepat dalam hal berlari. Sama seperti Egyptian Mau, keuda amerika memiliki lipatan kulit di bagian perutnya dan di bawah sikunya, yang memungkinkannya untuk memanjangkan kakinya saat berjalan seperti cheetah, dan bahkan kakinya dapat memutar.

Keuda amerika memiliki kepala yang ukurannya sedang. Moncongnya tidak pendek maupun panjang. Telinganya berukuran sedang sampai besar, dan berbentuk sedikit bulat segitiga. Matanya berbentuk almond. Kakinya proporsional untuk tubuhnya, dengan kaki yang berbentuk oval. Ekornya sedikit meruncing, dan juga proporsional untuk tubuhnya.

Temperamen[sunting | sunting sumber]

Keuda amerika adalah kucing yang sangat aktif, ramah, baik, selalu ingin tahu, dan cerdas. Kucing ini adalah kucing yang memiliki suara yang lembut. Keuda amerika mudah untuk beradaptasi dan bersosialisasi. Kucing ini juga mudah bergaul dengan anak-anak dan hewan peliharaan lain di rumah. Keuda amerika merupakan kucing yang membutuhkan perhatian.

Keuda amerika adalah kucing yang senang bermain air. Keuda amerika juga adalah kucing yang senang diajak berjalan-jalan. Kucing ini adalah kucing yang menyukai permainan, seperti berlari, melompat, dan memanjat. Keuda amerika juga dapat diajarkan untuk berjalan di atas tali.

Referensi[sunting | sunting sumber]