Rex oregon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rex oregon

OregonRex.jpg
Asal Bendera Amerika Serikat Oregon, Amerika Serikat
Status ras Punah
Catatan
Ras kucing yang telah punah pada tahun 1972.
Kucing domestik (Felis catus)

Rex oregon adalah salah satu ras kucing domestik akibat mutasi alamiah yang berasal dari Oregon, Amerika Serikat yang telah dinyatakan ras yang sudah punah. Menurut literatur, rex oregon adalah kucing yang memiliki bulu keriting yang jauh lebih pendek dari kucing Rex lainnya. Sayangnya, rex oregon sulit dikembangbiakan, karena cenderung pengembangbiak ras kucing ini keras kepala. Literatur juga menyebutkan bahwa, rex oregon memiliki kaki yang jenjang dengan cakar kecil yang berbeda dengan rex lainnya, yang umumnya berkaki pendek seperti ras persia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1940-an, pertama kalinya ras kucing rex oregon ditemukan di Oregon. Populasinya hanya ada satu per satu juta kucing lainnya di Oregon. Untuk memperbanyak dan mempopulerkan rex oregon, maka ras ini disilangkan dengan rex cornish.

Kepunahan[sunting | sunting sumber]

Kucing rex oregon sempat populer pada tahun 1960-1970. Karena ras ini sudah tidak ada yang mau mengembangbiakan lagi, pada tahun 1972 (ada yang mengatakan 1975), kucing ras rex oregon yang terakhir diketahui telah mati. Pada saat itu, rex oregon dinyatakan sebagai ras kucing yang telah punah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]