Kucing bulu panjang oriental

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Bulu panjang oriental

OrientalLonghair.jpg
Nama lain Anggora britania
Asing berbulu panjang
Mandarin
Asal  Amerika Serikat
Standar ras
TICA standar
FIFe standar
CFA standar
ACF standar
ACFA/CAA standar
Kucing domestik (Felis catus)

Kucing bulu panjang oriental adalah ras kucing domestik hasil persilangan antara kucing siam dengan berbagai kucing domestik berbulu panjang untuk memperoleh berbagai keragaman warna, pola, serta memiliki bulu panjang. Seperti kucing bulu pendek oriental, kucing ini awalnya tidak diakui oleh organisasi pendaftar kucing, namun akhirnya diakui pada tahun 1975. Kucing ini juga dikenal dengan nama anggora britania.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Kucing bulu panjang oriental sebagian besar bertubuh langsing dan anggun. Kepalanya berbentuk segitiga dengan telinga yang besar. Matanya berbentuk seperti kacang almond dan miring, sehingga terlihat bentuk orientalnya. Pada umumnya, kucing ini bermata hijau.

Kucing bulu panjang oriental memiliki warna dasar yang beragam, diantaranya adalah putih, merah, krem, hitam, biru, coklat, lavender, kayu manis, atau coklat kekuningan, dan terdapat lebih dari 300 warna dan pola kombinasi.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Kucing bulu panjang oriental memiliki kepribadian yang sangat mirip dengan kucing siam. Kucing bulu panjang oriental sangat menyenangkan dan menyukai segala macam mainan dan stimulasi. Kucing ini merupakan kucing yang dapat tinggal dengan hewan peliharaan lain. Kucing bulu panjang oriental dapat mudah beradaptasi dan sangat ramah terhadap hewan peliharaan lainnya.

Kucing bulu panjang oriental termasuk kucing yang cerdas, ramah, penuh kasih sayang, dan menyenangkan bagi pemiliknya. Kucing ini merupakan kucing yang emosional, dapat menuntut dengan mengeluarkan suara yang lembut, dan mendengkur sangat keras ketika bahagia. Kucing ini selalu ingin tahu dan hiperaktif. Kucing bulu panjang oriental cenderung ingin menjadi pusat perhatian. Mereka sangat suka membelai dan dibelai, sangat setia, dan dekat dengan penghuni rumah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]