Hari Kucing (Jepang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hari Kucing
Kucing di Jepang.jpg
Dua ekor kucing yang sedang tidur di atas tanda jalan di pusat perbelanjaan Ginza di Tokyo.
Dirayakan oleh Jepang
Tanggal 22 Februari

Hari Kucing (bahasa Jepang: 猫の日 atau Hari Nyan-Nyan-Nyan) adalah hari peringatan atau perayaan nasional di Jepang untuk menghormati kucing. Hari perayaan ini pertama kali dirayakan pada tahun 1987.[1] Orang-orang di Jepang menyambut Hari Kucing dengan senang dan meriah. Disetiap perayaan akan ada banyak promo pada toko-toko hewan peliharaan di Jepang.[2]

Penetapan perayaan[sunting | sunting sumber]

Penetapan perayaan Hari Kucing dilakukan dengan cara mensurvei 9000 orang di Jepang. Survei tersebut bertujuan untuk menetapkan tanggal perayaan Hari Kucing. Banyak orang yang memilih tanggal 22, sehingga penetapan hari perayaan ini adalah tanggal 22.[1][2] Kemudian untuk bulannya diambil dari kata dalam bahasa Jepang. Kata "ni" (二) yang artinya "dua", jika diucapkan terdengar dekat dengan kata "nyan" (ニャン) yang berarti "meong".[3] Sehingga angka 2 yang berarti bulan Februari (bulan kedua dalam setahun), dijadikan sebagai bulan penetapan perayaan Hari Kucing di Jepang.

Komite Eksekutif menetapkan 22 Februari sebagai perayaan Hari Kucing.[1][2][3] Selain itu, tanggal 22 Februari jika di Jepang ditulis dengan 22/2, dengan demikian dapat disebut dengan kata "nyan nyan nyan" dalam bahasa Jepang atau "meong meong meong" dalam bahasa Indonesia.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Destriyana. Nyan Nyan Nyan Day, perayaan hari kucing di Jepang (25 Februari 2014). www.merdeka.com. Diakses 27 Mei 2014.
  2. ^ a b c Merayakan Hari Kucing Di Jepang (26 Februari 2014). acara-event.com. Diakses 27 Mei 2014.
  3. ^ a b c Nyan Nyan Nyan Day, hari kucing nasional di Jepang (23 Februari 2014). japanesestation.com. Diakses 27 Mei 2014.