Pohon kucing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Seekor kucing bersantai di sebuah pohon kucing buatan sendiri yang terdiri dari alas karpet, jalur landai, kotak, dan tali sisal.

Pohon kucing (disebut juga sebagai rumah pohon kucing, kondominium kucing, atau stan kucing) adalah struktur buatan khusus untuk kucing yang berfungsi sebagai tempat bermain, berolahraga, dan bersantai.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pohon kucing memiliki tinggi yang bervariasi dan kucing lebih suka memilih yang cukup tinggi yang memungkinkan mereka untuk melihat apa saja dari atas. Kucing menggunakannya sebagai tempat tidur, tempat persembunyian, dan sebagai rumah untuk bermain. Pohon kucing biasanya terbuat dari kayu yang lapisi karpet atau kain yang serupa yang memungkinkan kucing untuk menggaruknya atau menandai tempat. Pohon kucing dimanfaatkan oleh pemilik kucing untuk mencegah kucingnya menggaruk atau menaiki barang rumah tangga lainnya. Beberapa pohon kucing diisi dengan beberapa barang lain agar kucing lebih betah, seperti tali sisal dan mainan kucing.

Dinamakan pohon kucing karena mereka biasanya memiliki semacam tiang-tiang pada setiap sudut yang berbeda sehingga membantu kucing agar bisa berolahraga dan juga sebagai sarana untuk mencapai puncak. Istilah 'kondominium' merujuk pada pohon kucing yang lebih luas dan terdapat area yang tertutup agar kucing bisa bersembunyi dan atau bersantai.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]