Portal:Kucing/Ras kucing pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Arsip dan nominasi ras kucing pilihan

Bersihkan tembolok server

Ras kucing pilihan 1

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/1

Anggora Turki adalah salah satu ras kucing alami yang sangat tua dan cukup langka. Ras Anggora berasal dari Angora (sekarang Ankara) di Turki. Kucing ini sangat populer dan terkenal di Indonesia.

Anggora adalah kucing berbadan sedang dengan bulu yang panjang. Badannya langsing dan ramping. Ras asli kucing Anggora memiliki harga yang cukup mahal, yaitu sekitar 4-15 juta rupiah. Sedangkan, Anggora hasil perkawinan dengan kucing lain harganya dapat mencapai 200 ribu hingga 2,8 juta rupiah.

Banyak orang yang salah mengenai Anggora. Pada sekitar 250 tahun yang lalu, setiap kucing berbulu panjang di Persia disebut sebagai ras kucing Anggora, yang padahal itu adalah ras Persia. Pada waktu itu, banyak sekali kucing berbulu panjang di sekitar kota Angora dan sekitar daerah Persia (sekarang Iran). Pada waktu itu juga, tidak ada sama sekali perbedaan antara kucing berbulu panjang yang hidup di Angora dengan yang di Persia.

Anggora adalah ras kucing yang tidak diketahui dari mana asal terbentuknya. Namun ada beberapa teori mengatakan bahwa Anggora berasal dari seekor kucing liar dari Asia, yaitu kucing Pallas. Tetapi teori ini sampai sekarang masih diragukan. Anggora juga diyakini berasal dari kucing liar Afrika, dan mungkin beberapa persilangan terjadi antara kucing Pallas dengan kucing liar Afrika sehingga menghasilkan kucing Anggora.

Ras kucing pilihan 2

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/2

Abyssinian
Abyssinian adalah salah satu ras kucing berbulu pendek yang paling populer di Amerika Serikat. Abyssinian juga merupakan salah satu ras kucing tertua yang pernah diketahui. Abyssinian menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman Mesir kuno. Perdagangan ras kucing ini dilarang oleh bangsa Mesir. Selain itu, bangsa Mesir juga mendirikan kuil khusus untuk memuja Abyssinian. Mumi Abyssinian banyak ditemukan pada makam-makam bangsa Mesir kuno. Pada saat bangsa Romawi menguasai Mesir, Abyssinian pernah dibawa ke Inggris, dengan tujuan melindungi ladang gandum dari tikus disana.

Abyssinian merupakan kucing yang sangat cerdas, pendiam, senang berada disekitar manusia, dan selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan oleh pemiliknya. Abyssinian akan senang jika selalu diperhatikan oleh pemiliknya, sehingga terkadang Abyssinian akan mengeluarkan suara meongan yang manja. Abyssinian juga sangat setia pada pemiliknya. Selain itu, Abyssinian juga termasuk kucing yang penurut, tidak senang merusak barang, mudah dilatih, dan tingkah lakunya selalu membuat pemiliknya terhibur dan tertawa.

Ras kucing pilihan 3

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/3

Maine Coon adalah salah satu ras kucing tertua dan alami yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Ras ini dipercayai nenek moyangnya berasal dari ras Anggora dan Norwegian Forest.

Maine Coon dipercayai banyak orang bahwa ras ini merupakan hasil persilangan alami dari kucing setengah liar dengan rakun. Mitos ini ada karena bentuk dan warna ekor Maine Coon menyerupai rakun. Karena ekornya, ras kucing ini namanya diambil dari kata "Maine" yang merupakan negara bagian Amerika Serikat, dan kata "Coon" yang diambil dari kata "racoon" yang artinya rakun.

Ras Maine Coon dipercayai adalah kucing yang berasal dari 6 ekor kucing yang dipelihara oleh Marie Antoinette. Ke-6 kucing tersebut kemudian dikirim ke Wiscasset di Maine ketika Marie akan melarikan diri dari Prancis pada saat terjadinya revolusi perancis.

Ras kucing pilihan 4

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/4

Scottish Fold
Scottish Fold adalah salah satu ras kucing alami yang berasal dari Skotlandia. Ciri khas dan keunikannya adalah terdapat pada telingnya yang melipat, sehingga ras ini disebut dengan kucing berwajah burung hantu atau kucing coupari. Namun, beberapa kucing ras Scottish Fold ada yang lahir dengan telinga yang tidak terlipat, yaitu telinga yang tegak dan meruncing seperti kucing biasanya.

Scottish Fold pertama kali adalah bernama Susie, yang merupakan kucing berbulu putih dan juga memiliki penampilan dengan telinga yang melipat. Pada tahun 1961, Susie ditemukan di area pertanian di Perthshire, Skotlandia oleh seorang petani. Ketika itu Susie sedang hamil, dan kemudian ia melahirkan anak-anak kucing yang memiliki bentuk telinga yang sama dengan Susie. Kemudian, salah satu anaknya Susie diadopsi oleh William Ross dan istrinya yang bernama Mary, yang merupakan tetangga petani tersebut yang juga merupakan seorang pencinta kucing.

Ras kucing pilihan 5

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/5

Japanese Bobtail
Japanese Bobtail adalah salah satu ras kucing alami yang berasal dari Jepang. Japanese Bobtail sudah ada sejak ribuan abad yang lalu. Nama ras ini banyak disebutkan dan digambarkan dalam berbagai dokumen-dokumen kuno Jepang. Selain itu, Japanese Bobtail dipercayai sebagai wujud asli dari Maneki Neko.

Japanese Bobtail dipercayai sebagai salah satu wujud asli dari kucing terkenal bernama "Maneki Neko". Maneki Neko digambarkan sebagai ras kucing Japanese bobtail yang sedang duduk dengan salah satu kaki depan diangkat. Sikap badan kucing ini sangat terkenal, dan merupakan perlambangan "keberuntungan" dan "selamat datang". Biasanya, patung kucing ini akan menggerak-gerakkan tangannya dengan naik turun, sehingga seperti sedang melambaikan tangan pada orang-orang.

Ras kucing pilihan 6

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/6

Oriental Shorthair
Oriental Shorthair adalah salah satu ras kucing yang merupakan hasil persilangan ras Siamese. Ras kucing ini pertama kali dikembangkan di Inggris pada abad ke-20. Oriental Shorthair mirip dengan tipe tubuh Siamese. Ras kucing ini datang dalam banyak variasi warna dan pola. Oriental Shorthair merupakan kucing yang tidak komunikatif seperti Siamese, tetapi, ras kucing ini sangat senang mendampingi pemiliknya.

Oriental Shorthair adalah kucing yang ingin menjadi selalu diperhatian. Jika dia selalu diabaikan, hal itu akan membuatnya menjadi sangat sensitif dan rewel. Oriental Shorthair selalu menghibur pemiliknya dengan menunjukkan antusiasme dalam semua hal.

Oriental Shorthair juga merupakan kucing yang ingin tahu, sehingga dia akan selalu mengikuti pemiliknya akan pergi kemana saja dan memperhatikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemiliknya. Oriental Shorthair lebih lembut pada saat mengeong dari pada Siamese. Selain itu, ras kucing ini suka sekali mengeong kepada orang dan tidak pernah terlalu lelah untuk memulai sebuah percakapan.

Ras kucing pilihan 7

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/7

Norwegian Forest adalah salah satu ras kucing alami yang berasal dari daerah yang bernama Norway. Nenek moyang dari ras kucing ini diduga berasal dari hutan-hutan di daerah Norwegia dan Skandinavia. Keunikan dari Norwegian Forest adalah pada bulunya. Bulunya akan menjadi panjang dan tebal ketika musim dingin tiba, dan akan rontok atau menipis ketika musim semi tiba. Selain itu, Norwegian Forest dengan bulu warna yang gelap akan cenderung mempunyai bulu yang lebih pendek dari pada bulu yang berwarna terang.

Norwegian Forest dapat terserang penyakit ginjal dan hati. Harapan hidup Norwegian Forest dapat mencapai sekitar 14-16 tahun atau lebih. Norwegian Forest dihargai di Amerika Serikat sekitar $550-$800 atau sekitar 6.3-9.3 juta rupiah.

Ras kucing pilihan 8

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/8

York Chocolate adalah salah satu ras kucing yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Ras ini diciptakan oleh seorang peternak kambing perah bernama Janet Chiefari. Nama kucing ini diambil dari negara bagian asalnya dan warna pada bulunya.

York Chocolate adalah kucing yang penuh kasih sayang dan sangat setia. York Chocolate adalah kucing yang membutuhkan banyak perhatian dari orang-orang. Kucing ini senang ikut campur dalam kegiatan rumah tangga keluar pemiliknya. York Chocolate adalah kucing yang juga senang memperhatikan pemiliknya, dan sering berada dekat dengan pemiliknya. York Chocolate akan menunjukan kegembiraan kepada pemiliknya dengan cara menyambut pemiliknya dengan mendengkur dan berdiri di depan pintu masuk ke dalam rumah.

Ras kucing pilihan 9

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/9

Savannah adalah salah satu ras kucing campuran atau hibrida yang merupakan hasil persilangan dari kucing liar Serval dari Afrika dengan ras Siamese, Bengal, dan Egyptian Mau. Savannah telah dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai ras kucing terpanjang di dunia, dengan panjang 17,1 inci atau sekitar 44 cm. Harga ras ini termasuk sangat mahal sekali, yaitu dapat mencapai sekitar $4.000-$35.000 atau sekitar 126-343 juta rupiah. Namun, harga jual ras ini di Indonesia hanya sekitar 35 juta rupiah saja.

Savannah adalah kucing yang berpenampilan seperti liar dan buas yang tetapi, ras ini adalah kucing yang baik dan ramah. Savanah memiliki bulu yang tebal, tubuh yang besar, tinggi, dan ramping, telinga berbentuk segitiga, tubuh yang lentur, dan kaki yang panjang.

Ras kucing pilihan 10

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/10

Korat adalah salah satu ras kucing yang berasal dari Provinsi Nakhon Ratchasima di Thailand. Ras ini di Thailand telah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Harga ras Korat dapat mencapai 1-5 juta, yang tergantung dengan kualitasnya.

Korat adalah salah satu ras kucing yang paling dihormati oleh penduduk lokal, karena dipercayai sebagai pembawa keberuntungan. Di negara asalnya, Korat dijuluki sebagai "Si-Sawat", "Good Luck Cat" atau "kucing keberuntungan". Dipercayai bahwa, korat akan membawa nasih baik kepada para pemilik Korat. Korat sering digunakan sebagai hadiah yang diberikan kepada orang, karena hadiah tersebut akan membawa keberuntungan kepada orang yang menerima hadiah tersebut.

Ras kucing pilihan 11

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/11

Russian Blue adalah salah satu ras kucing yang memiliki bulu berwarna perak-biru. Kucing ini sangat cerdas dan lucu, tetapi cenderung pemalu di sekitar orang asing. Russian Blue merupakan kucing yang memiliki ikatan yang erat dengan sahabatnya manusia. Russian Blue sering dicari karena memiliki kepribadian dan warna bulu yang disukai orang-orang. Beberapa Russian Blue memiliki kupalan kecil pada bulu di bagian atas kedua matanya yang miring sedikit ke bawah untuk memberikan perasaan bahwa Russian Blue terlihat kesal.

Russian Blue adalah ras kucing alami yang mungkin berasal di pelabuhan Arkhangelsk di Rusia. Kucing ini juga kadang-kadang disebut sebagai Arkhangelsk Biru. Hal ini diyakini bahwa pelaut mengadopsi Russian Blue dari kepulauan Arkhangelsk ke Inggris dan Eropa Utara pada tahun 1860-an. Russian Blue pertama kali tercatat mengikuti kontes kucing di luar Rusia pada tahun 1875 di Crystal Palace di Inggris, dengan nama Arkhangelsk. Russian Blue mengikuti kontes kucing di kelas yang termasuk semua kucing berwarna biru lainnya sampai tahun 1912, ketika itu diberikan kelas tersendiri.

Ras kucing pilihan 12

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/12

Himalaya adalah salah satu ras kucing yang merupakan hasil persilangan antara ras Persia dengan ras Siamese. Persilangan tersebut adalah bertujuan untuk menciptakan ras kucing dengan tipe badan yang sama seperti Persia, tetapi dengan pola warna seperti Siamese. Himalaya sangat identik dengan mata berwarna biru dan pola warna point. Harga ras Himalaya yang berkualitas bagus dapat mencapai harga 5-15 juta rupiah, namun ada juga yang harganya di bawah 5 juta rupiah.

Himalaya adalah kucing yang sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tetapi, Himalaya baru dikenal di benua Eropa pada tahun 1950-an, dengan nama yang berbeda, yaitu "Colourpoint Persian". Pada tahun 1957, Himalaya terdaftar sebagai ras kucing yang berbeda dengan Persia, dan diberi nama "Himalaya". Namun sekarang, beberapa registrasi kucing memasukkan ras Himalaya ke dalam versi colorpoint-nya Persia, dikarenakan pola dan karakternya sama seperti Persia.

Ras kucing pilihan 13

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/13

Khao Manee adalah salah satu ras kucing langka yang berasal dari Bangkok, Thailand. Khao Manee sangat terkenal di daerah asalnya. Kucing ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Khao Manee pernah disebutkan dalam Tamra Maew yang merupakan sebuah buku berisi pantun tentang kucing.

Khao Manee adalah kucing berwarna putih dengan bulu yang pendek, halus, dan pola bulu yang polos. Kucing ini dapat memiliki mata berwarna biru, emas atau bermata aneh (odd-eyed). Khao Manee paling banyak disukai adalah Khao Manee dengan mata odd-eyed. Khao Manee merupakan kucing berbadan sedang dengan tubuh yang berotot dan atletis. Berat badannya dapat mencapai 8-10 pon (3,6-4,5 kg), sedangkan tinggi badannya dapat mencapai 10-12 inci (25,4-30,48 cm).

Ras kucing pilihan 14

Portal:Kucing/Ras kucing pilihan/14

Chantilly adalah salah satu ras kucing domestik yang berasal dari Amerika Serikat. Ciri khas kucing ini adalah warna cokelatnya yang unik dan menarik. Chantilly diperkenalkan oleh Sigyn Lund dari Sig Tim Hil Cattery dengan nama "Tiffany". Kemudian para peternak kucing dari Kanada merubah namanya menjadi "Chantilly", karena di Britania Raya juga ada ras kucing yang memiliki nama yang hampir sama, yaitu Tiffanie.

Chantilly adalah kucing yang setia, mudah beradaptasi, dan dekat dengan manusia. Kucing ini adalah kucing yang tidak terlalu aktif dan tidak terlalu malas. Chantilly biasanya lebih dekat kepada satu orang dalam keluarga si pemilik kucing. Chantilly biasanya akan mengeong dengan suara yang manis dan lembut kepada orang-orang yang dicintainya. Mereka adalah kucing yang tidak suka ditinggal sendirian dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kucing ini adalah kucing yang tenang dan tidak takut kepada orang asing.

Ras kucing pilihan 15

Ras kucing pilihan 16

Ras kucing pilihan 17

Ras kucing pilihan 18

Ras kucing pilihan 19

Ras kucing pilihan 20


Bersihkan tembolok server