Gunung Dempo: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: +{{Authority control}}
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 16: Baris 16:
}}
}}


'''Gunung Dempo''' (3'173 [[Meter di atas permukaan laut|mdpl]]) terletak di perbatasan [[provinsi]] [[Sumatra Selatan]] dan provinsi [[Bengkulu]] tepatnya di kota dingin penghasil kopi robusta{{butuh rujukan}} yaitu Kota Pagaralam. Gunung Dempo terletak di [[kota Pagaralam]], dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari [[Palembang]], ibu kota provinsi [[Sumatra Selatan]].
'''Gunung Dempo''' (4'000 [[Meter di atas permukaan laut|mdpl]]) terletak di perbatasan [[provinsi]] [[Sumatra Selatan]] dan provinsi [[Bengkulu]] tepatnya di kota dingin penghasil kopi robusta{{butuh rujukan}} yaitu Kota Pagaralam. Gunung Dempo terletak di [[kota Pagaralam]], dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari [[Palembang]], ibu kota provinsi [[Sumatra Selatan]].


Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh [[pegunungan Bukit Barisan]] dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.
Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh [[pegunungan Bukit Barisan]] dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.

Revisi per 9 Agustus 2021 15.33

Gunung Dempo
Titik tertinggi
Ketinggian3'173 m [1]
Masuk dalam daftarRibu
Koordinat4°02′S 103°08′E / 4.03°S 103.13°E / -4.03; 103.13
Geografi
LetakSumatra, Indonesia
PegununganBukit Barisan
Geologi
Jenis gunungGunung berapi kerucut (Stratovolcano)

Gunung Dempo (4'000 mdpl) terletak di perbatasan provinsi Sumatra Selatan dan provinsi Bengkulu tepatnya di kota dingin penghasil kopi robusta[butuh rujukan] yaitu Kota Pagaralam. Gunung Dempo terletak di kota Pagaralam, dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari Palembang, ibu kota provinsi Sumatra Selatan.

Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.

Lihat pula

Referensi

  1. ^ "Dempo". Global Volcanism Program. Smithsonian Institution. Diakses tanggal 2006-12-28.