Gunung Lanang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gunung Lanang
Titik tertinggi
Ketinggian1.102 Mdpl (3.615 Kaki)
Koordinat7°30′46″S 109°52′09″E / 7.512851°S 109.869101°E / -7.512851; 109.869101
Geografi
LetakJawa Tengah, Indonesia

Gunung Lanang merupakan sebuah gunung yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Gunung Lanang merupakan titik tertinggi di jajaran Pegunungan Serayu Selatan. Gunung Lanang secara administrasi berada di Kabupaten Wonosobo tepatnya di perbatasan Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang dengan Desa Gumelar, Kecamatan Wadaslintang. Gunung Lawang ini mempunyai ketinggian setinggi 1.105 meter diatas permukaan air laut Mdpl dengan ketinggian relative 1.010 Mdpl. Gunung Lanang merupakan puncak dari sebuah dataran tinggi yang tak terlalu luas di perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Purworejo. Di dataran tinggi ini terdapat beberapa puncak lainnya seperti Gunung Pupur(1.102 Mdpl), Gunung Tanggullangsi (1.068 Mdpl), Gunung Mentosari (1.059 Mdpl), Gunung Mergolangu (1.060 Mdpl), Gunung Brukutan (1.031 Mdpl), Gunung Memean (1.019 Mdpl), Gunung Mantri (1.027 Mdpl), Gunung Gambarjaran (970 Mdpl), Gunung Rawacacing (1.035 Mdpl) dan Gunung Giyombong (1.035 Mdpl). Sungai yang berhulu di Gunung Lanang diantaranya Sungai Kedunggupit atau Sungai Kedungmancasan, Sungai Jarang, Sungai Colat, Sungai Rukem, Sungai Panto, Sungai Brongkol.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Gunung Lanang merupakan bagian dari Pegunungan Serayu Selatan. Gunung Lanang termasuk dalam Formasi Peniron yang menindih selaras di atas Formasi Halang dan merupakan sedimen turbidit termuda yang diendapkan di Zone Pegunungan Serayu Selatan. Litologinya terdiri dari breksi aneka bahan (polimik) dengan komponen andesit, batulempung, batupasir dengan masa dasar batupasir sisipan tufa, batupasir, napal dan batulempung[1].

Panorama[sunting | sunting sumber]

Gunung Lanang di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang memiliki panorama yang sangat indah. Keindahan alamnya membuat siapa saja yang berkunjung akan terpesona. Pemandangan Pegunungan Serayu Selatan dan Waduk Wadaslintang adalah yang utama. Pemandangan lain yang juga bisa menikmati adalah pemandangan matahari terbenam atau Sunset maupun saat matahari terbit atau Sunrise yang sangat mempesona. Selain itu terdapat keindahan air terjun di sekitar Gunung Lanang. Di puncak Gunung Lanang ini terdapat sebuah batu besar yang tegak berdiri di antara jurang[2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]