Pantai Trikora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pantai Trikora adalah salah satu pantai dengan pasir putih yang terletak di pulau Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia. Pantai alami ini memiliki ombak yang landai dengan bebatuan-bebatuan indah di pantai. Sepanjang perjalanan menuju pantai Trikora, terdapat perkampungan nelayan yang berjejer rapi, beberapa resor-resor mewah, kawasan konservasi padang lamun, rumah makan seafood, hingga hutan mangrove. Pantai ini memiliki empat bagian, yakni Trikora 1, 2, 3 (Trikot), dan 4.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Trikora berasal dari namathree corra, yang diberikan oleh wisatawan asing yang kala itu berkunjung ke pantai ini. Namun versi lain mengaitkan bahwa Trikora berhubungan dengan Tri Komando Rakyat. Dimana pada saat pemerintahan presiden Soekarno, tengah hangat beredar isu tentang Ganyang Malaysia, dan pantai ini merupakan basis pertahanan wilayah terluar Indonesia pada masa itu karena berada pada garis perbatasan Indonesia-Malaysia.

Objek wisata[sunting | sunting sumber]

Pantai Trikora menjadi objek wisata dengan air nya yang jernih dan dangkal juga tersedianya beberapa fasilitas penunjang. Pantai Trikora dibagi menjadi kawasan resor dan kawasan umum. Untuk memasuki kawasan resor, anda harus check-in terlebih dahulu di resor-resor mewah yang terdapat di Trikora. Sedangkan untuk kawasan umum, anda hanya harus menyewa pondok-pondok kayu yang cukup untuk satu keluarga. Di kawasan umum, anda tidak harus membayar parkir. Penyewaan pelampung, alat pancing, dan alat snorkeling juga tersedia di pantai ini. Beberapa hotel di sana juga menyediakan paket tur menelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam, dan permainan pantai seperti banana boat, kano, bermain layang-layang dan masih banyak lagi. Fasilitas lain seperti toilet dan tempat bilas badan juga tersedia.

Di garis pantai yang memiliki panjang kurang lebih 25 kilometer ini tumbuh pepohonan yang bisa menjadi tempat untuk berteduh menikmati ombak. Seperti pohon kelapa, pohon bakau, pohon cemara, serta pohon lain yang dapat melindungi diri dari sengatan sinar matahari. Apalagi batu-batunya yang besar semakin menambah keindahan pantai ini. Wisata kuliner di sekitar pantai ini berupa otak otak, makanan seafood, hingga tapai.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Pantai Trikora terletak di provinsi Kepulauan Riau. Tepatnya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera. Pantai ini berjarak 45 km ke arah timur dari ibukota provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang.

Akses[sunting | sunting sumber]

Perjalanan dapat ditempuh dari Tanjung Pinang sampai ke perbatasan Kabupaten Bintan. Jalan menuju ke sana sudah bagus dan lebar hingga dapat dilalui empat lajur mobil. Kendaraan umum tidak ada yang memiliki tujuan ke Trikora. Namun, ada beberapa kendaraan sewaan yang bisa digunakan menuju Trikora.

Referensi[sunting | sunting sumber]