Pelabuhan Sri Bintan Pura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pelabuhan Sri Bintan Pura

Pelabuhan Sri Bintan Pura adalah pelabuhan nasional dan internasional yang berada di kota Tanjung Pinang yaitu di pantai barat pulau Bintan, provinsi Kepulauan Riau. Pelabuhan ini menghubungkan kota Tanjung Pinang dengan pelabuhan-pelabuhan di sebelah utara (pelabuhan Lobam dan pelabuhan Bulang Linggi), dengan kepulauan di sebelah barat, seperti pelabuhan Tanjung Balai (pulau Karimun), pelabuhan Telaga Punggur di pulau Batam, serta kepulauan di sebelah selatan seperti pulau Lingga dan Singkep. Untuk pelayaran ke luar negeri, pelabuhan Sri Bintan Pura juga mempunyai jalur perhubungan ke Singapura (HarbourFront dan Tanah Merah) serta Malaysia (Stulang Laut).

Mulai tanggal 15 Juli 2018, pembayaran pas masuk ke Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Kepulauan Riau harus secara non tunai atau menggunakan electronic money (e-money).

Saat ini, pembayaran menggunakan e-money di pelabuhan Sri Bintan Pura baru diterapkan untuk tiket pas masuk pelabuhan.E-Pass telah diterapkan di Pelabuhan SrI Bintan Pura Tanjungpinang. Sistem e-pass tersebut dilakukan di terminal Domestik dan Internasional Pelabuhan Sri Bintan Pura. Sistem e-pass merupakan pilot project bagi Pelabuhan yang ada di Indonesia dan merupakan sebuah system non tunai yang pertama diterapkan di pelabuhan di seluruh Indonesia.

Pelabuhan Sri Bintan Pura Masih Dalam Tahap Renovasi

Pelabuhan Sri Bintan Pura dilihat dari arah Pulau Penyengat

Beberapa jenis kapal yang mempunyai jalur pelayaran dari dan ke pelabuhan Sri Bintan Pura antara lain adalah: kapal ferry Sentosa, kapal Merbau, dan lain-lain. Perahu motor pompong juga dipakai untuk menghubungkan kota ini dengan pulau Penyengat yang jaraknya cukup dekat (10 sampai 15 menit).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Brosur dari kantor pariwisata Tanjung Pinang, Kepri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]