Pelabuhan Tanjung Api-api

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pelabuhan Tanjung Api-api adalah pelabuhan internasional yang terletak di Kabupaten Banyuasin, 80 Km dari Kota Palembang, Sumatera selatan, Pelabuhan ini adalah salah satu pelabuhan besar di Indonesia, pelabuhan ini terintegerasi dengan kawasan ekonomi ekslusif (KEK) Tanjung Api-api, pelabuhan ini juga direncanakan teritegerasi dengan jalur kereta api batu bara dari tanjung enim ke tanjung api-api. Selain jalur kereta api batu bara dari tanjung enim ke tanjung api-api, selain itu direncanakan juga akan dibangun jalan tol dari Palembang menuju tanjung api api. Beberapa industri seperti rubber, CPO, industri mie instant & pergudangan sudah berdiri dikawasan industri tanjung api-api. Dengan terintegrasinya kawasan industri dengan pelabuhan internasional, serta insfrastruktur penunjang lainnya. diharapkan kawasan industri dan pelabuhan tanjung api-api akan menjadi kawasan industri yang berkembang dan diharapkan dapat menyerap tenaga kerja.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan ini akan memiliki Dermaga Kapal Feri, Dermaga peti kemas, Dan Lapangan Container. Pelabuhan ini direncanakan akan terintegrasi dengan jalan tol dan rel kereta api.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Dengan adanya pelabuhan ini diharapkan kawasan banyuasin berkembang, serta pendapatan Daerah provinsi Sumatera selatan meningkat. Diharapkan kawasan industri dan pelabuhan tanjung api-api akan menjadi kawasan industri yang baru yang berkembang, serta dapat menyerap tenaga kerja.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]