Pelabuhan penyeberangan Pamatata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pelabuhan Pamatata
—  Pelabuhan penyeberangan  —
pelabuhan pamatata dari arah Selat Selayar
Pelabuhan penyeberangan Pamatata is located in Kepulauan Selayar
Pelabuhan Pamatata
Peta Kepulauan Selayar
Koordinat: 5°47′20″LS 120°30′21″BT / 5,788847°LS 120,505886°BT / -5.788847; 120.505886
Negara  Indonesia
Kabupaten  Kepulauan Selayar
Provinsi Sulawesi Selatan
Zona waktu WITA (UTC+8)

Pelabuhan penyeberangan Pamatata adalah pelabuhan yang terletak di desa Pamatata, kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar. Pelabuhan ini merupakan pintu gerbang utama memasuki daratan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan jika melalui jalur laut dengan fasilitas penyeberangan berupa kapal feri. Menurut rencana pelabuhan ini akan disinggahi kapal yang berlayar dari arah wilayah timur menuju wilayah barat Indonesia, demikian juga sebaliknya. Perencanaan Kepulauan Selayar menjadi arus Timur-Barat Indonesia via laut, mengingatkan kita pada peta arus perdagangan kawasan kepulauan Nusantara beberapa abad yang lalu. Saat itu, Pulau Selayar menjadi pusat transit kapal-kapal saudagar dari berbagai penjuru. Hal itu ditandai dengan banyaknya situs barang antik di dasar laut di sekitar Kepulauan Selayar. Dan secara logika posisi Kepulauan Selayar memang sangat strategis menghubungkan timur dan barat, demikian juga wilayah utara dan selatan.

Pelabuhan penyeberangan Pamatata[1] saat ini berfungsi sebagai pelabuhan transit kapal feri dengan rute pelayaran pelabuhan Bira - Pamatata - Pelabuhan penyeberangan Pattumbukang - Takabonerate - Pasimasunggu Timur - Pasilambena - NTT (Reog, Sikka). Untuk sementara, pelayaran itu direncanakan akan menggunakan kapal KMP. BELLIDA dan KMP. BONTOHARU. Sementara jadwal pelayaran direncanakan 1 kali dalam seminggu, berangkat setiap hari Kamis. Mengingat kondisi perairan Selayar yang tergolong ganas, maka pelayaran akan ditunda jika cuaca tidak memungkinkan.

Menurut rencana, Dari Bira juga akan diadakan rute pelayaran tambahan yaitu Bira - Bau-Bau dengan kapal KMP. SANGKE PALLANGA. Jadwal keberangkatan dari Bira direncanakan 1 kali seminggu, setiap hari Selasa. Jadwal ini konon akan sering berubah sesuai kondisi serta keadaan penumpang yang akan berlayar ke tujuan tersebut[2].

Jarak dan waktu tempuh[sunting | sunting sumber]

Dari ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar, pelabuhan ini biasa ditempuh dengan kurang lebih 1 jam perjalanan darat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]