Pelabuhan Sibolga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pelabuhan Sibolga
Lokasi
NegaraIndonesia
LokasiSibolga
Detail
Otoritas PelabuhanASDP Indonesia Ferry
Statistik
Kedatangan kapalSetiap hari

Pelabuhan Sibolga salah satu pelabuhan di Sumatera Utara yang terletak di Kota Sibolga. Pelabuhan ini menghubungkan beberapa daerah di Sumatera Utara dengan daerah lain di Indonesia. Pelabuhan ini baru direnovasi pada tahun 2019 dan menjadi pelabuhan terbaik di Asia Pasifik.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Untuk menunjang kualitas dan kecepatan pelayanan bongkar muat dan kegiatan eksor impor, Pelabuhan Sibolga juga didukung peralatan bongkar muat berupa peralatan fix craine berkapasitas 40 ton. Selain itu, terminal penumpang pelabuhan ini juga ditata menjadi 2 lantai dan dilengkapi dengan rooftop seluas 2.786 meter persegi. Terminal ini dapat menampung hingga 500 penumpang.

Tentang[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan ini memiliki dermaga multipurpose dengan panjang keseluruhan mencapai 153 meter dan lebar 31,5 meter dengan panjang tambatan 405 meter dan luas 400 meter persegi. Pelabuhan Sibolga dapat disandari oleh 4 kapal besar hingga berukuran 6.000 GT. Fasilitas lain yang ditambahkan yakni container yard dengan kapasitas 20.000 TEUs per tahun, perkuatan trestle dan breasting dolphine.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]