Pelabuhan Tanjung Perak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pelabuhan Tanjung Perak
COLLECTIE TROPENMUSEUM Tandjoengperak de haven van Soerabaja Oost-Java TMnr 10007969.jpg
Pelabuhan Tanjung Perak di masa Hindia Belanda
Lokasi
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Lokasi Surabaya
Koordinat 7°11′54″LS,112°43′22″BT
Detail
Pengelola PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III
Ukuran pelabuhan 1574,3 Hektare
Luas lahan 545 Hektare
Statistik
Website www.perakport.co.id

Pelabuhan Tanjung Perak, adalah sebuah pelabuhan yang terdapat di Kota Surabaya, Jawa Timur. Di pelabuhan ini juga terdapat terminal peti kemas. Tanjung Perak merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok dan juga sebagai pusat perdagangan di Indonesia bagian timur. Tanjung Perak juga menjadi kantor pusat PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III.

Pelabuhan penumpang Tanjung Perak menghubungkan Surabaya dengan kota-kota pelabuhan lain di Indonesia. Terminal penumpang Tanjung Perak bernama Gapura Surya Nusantara yang merupakan terminal penumpang kapal laut termewah di Indonesia. Terdapat kapal ferry dengan rute Surabaya-Banjarmasin dan Surabaya-Makassar. Terminal Gapura Surya Nusantara dilengkapi dengan fasilitas dua buah garbarata untuk kapal yang menjadikan Tanjung Perak menjadi pelabuhan pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas ini. Pelabuhan Tanjung Perak juga dilengkapi dengan fasilitas dermaga yang dapat melayani kapal pesiar baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di sebelah pelabuhan Tanjung Perak terdapat Pelabuhan Ujung, yakni pelabuhan ferry dengan tujuan Pelabuhan Kamal, Bangkalan, Madura.

Pada 2015, kegiatan di Pelabuhan Tanjung Perak juga ditopang oleh kehadiran Terminal Teluk Lamong yang merupakan salah satu terminal pelabuhan tercanggih di dunia di mana seluruh sistem operasinya otomatis dan menggunakan komputer. Direncanakan antara Pelabuhan Tanjung Perak dan Terminal Teluk Lamong akan dihubungkan dengan sistem monorel petikemas pertama di dunia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]