Asi Kumis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Asi Kumis
Malacopteron magnirostre.JPG
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Pellorneidae
Genus: Malacopteron
Spesies: M. magnirostre
Nama binomial
Malacopteron magnirostre
(Moore, 1854)

Asi Kumis (Malacopteron magnirostre) adalah spesies burung dari keluarga Pellorneidae.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Burung ini berukuran sekitar 16 cm, berwarna coklat dengan ekor merah karat, mahkota coklat buram, dan kumis abu-abu gelap lebar (terlihat hitam di lapangan), kontras dengan tenggorokannya yang putih. Ras Kalimantan mempunyai kepala yang berwarna jelaga. Kekang dan sisi kepala abu-abu, tubuh bagian bawah putih keabu-abuan dengan burik abu-abu kecoklatan pada dada. Burung remaja kumisnya kurang jelas. Iris coklat gelap, paruh abu-abu krem, kaki kebiruan.

Tempat hidup dan Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Burung ini termasuk tipe penetap yang cukup dikenal di hutan dataran rendah sampai ketinggian 800 mdpl di Sumatera dan 1220 m di Kalimantan. Mengembangkan bulu di mahkota dan tenggorokan bila gembira. Hidup di tajuk tengah dan bawah hutan rawa, pingir hutan, dan daerah bersemak terutama di hutan tropis berdaun lebar yang alami sampai hutan tebangan. Memakan serangga, mencari makan di dedaunan tajuk tengah hutan. Biasanya terlihat dalam kelompok kecil, kadang bergabung dengan jenis lain. Musim berbiak Oktober-Januari di Kalimantan, dan Februari-Agustus di Asia daratan dan Sumatera. Sarang berbentuk mengkuk kecil yang terbuka, pada pohon kecil dengan ketinggian sarang 1 m

Penyebaran dan ras[sunting | sunting sumber]

Penyebaran Asi Kumis mencakup Semenanjung Malaysia, Sumatera (termasuk Kep. Lingga), dan Kalimantan (termasuk Anambas). Terdiri dari dua sub-spesies:

  • magnirostre (F. Moore, 1854) – Ujung selatan Myanmar, Thailand barat & selatan, Semenanjung Malaysia (termasuk P. Tioman), Kep. Anambas, Singapura dan Sumatera.
  • cinereocapilla (Salvadori, 1868) – Kalimantan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Collar, N. J. & Robson, C. 2007. Family Timaliidae (Babblers) pp. 70 – 291 in; del Hoyo, J., Elliott, A. & Christie, D.A. eds. Handbook of the Birds of the World, Vol. 12. Picathartes to Tits and Chickadees. Lynx Edicions, Barcelona.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]