Gabriel Stevent Damanik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gabriel Stevent Damanik
Nama lain Gabriel, Iyel
Lahir 24 Januari 1998 (umur 19)
Bendera Indonesia Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
Tempat kota Batam
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 2008-sekarang

Gabriel Stevent Damanik (lahir di Batam, 24 Januari 1998; umur 19 tahun) adalah penyanyi yang mulai terkenal sejak mengikuti ajang pencarian bakat Idola Cilik 1 yang tayang di RCTI. Langkahnya terhenti dalam posisi tiga karena tergeser dari Kiki dan Angel sehingga tidak berhasil memasuki posisi GrandFinal.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Gabriel adalah anak pertama dari dua bersaudara. Adiknya bernama Kristania Damanik yang biasa dipanggil Tania, dan Gabriel sangat menyayangi adik semata wayangnya itu. Gabriel bersekolah di SMP 179 Jakarta. Prestasi yang pernah diraih dalam kurikulum sekolah diantaranya adalah Juara 1 Lomba Matematika se-Batam. Meskipun Gabriel seringkali ke luar kota, peringkatnya tetap selalu masuk 10 besar.

Ayahnya adalah seorang calo paspor dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Anak laki-laki asal Batam ini sangat menyayangi adiknya karena adiknya memiliki perbedaan umur yang cukup jauh dengannya. Sifatnya yang suka bekerja keras untuk mendapatkan keinginannya itulah yang membawa Gabriel pergi ke Jakarta untuk pertama kalinya demi mengikuti Idola Cilik.

Gabriel kerap membuat para penggemarnya terharu ketika ia melihat ibunya sedang melihat-lihat majalah bergambar rumah Krisdayanti dan Raul di Laos, ia berkata, "Ma, nanti Iyel bakal beliin rumah ini buat mama." [1] Selepas dari Idola Cilik, Gabriel mampu membelikan mobil untuk orangtuanya dan membuatkan rumah di Jakarta. [2]

Idola Cilik 1[sunting | sunting sumber]

Gabriel mendaftar Idola Cilik saat masih berusia sekitar 10 tahun dan duduk di kelas 3SD. Kejadian itu bermula ketika Gabriel membuka Internet dan melihat pendaftaran Idola Cilik. Dengan niat karena iseng, ia mendaftarkan diri dan ternyata diterima.Dalam idola cilik 1, Gabriel dikenal sebagai anak yang paling cepat berbaur dan menyesuaikan diri dengan yang lainnya. Menurut teman-temannya di Idola Cilik, Gabriel adalah anak yang tidak pernah menyerah, suka menolong, baik, dan sopan.

Pasca Idola Cilik 1[sunting | sunting sumber]

Di SIB ini, Gabriel dipercaya sebagai Vokalis Utama. Namun seiring jalannya waktu, Idola Cilik sempat melakukan jeda selama kurang lebih 3 tahun. Mengakibatkan eksistensi Super Idola Band ikut memudar. Gabriel sempat masuk dalam boyband yaitu Star5 (sekarang Stanza) namun kemudian menyatakan dirinya keluar.

Setelah Idola Cilik 1 selesai, Gabriel juga dipercaya untuk mengambil peran dalam drama "Musikal Laskar Pelangi" sebagai Mahar. Musikal Laskar Pelangi diambil dalam film/novel Laskar Pelangi, hanya saja para pemeran yang bermain disini dituntun untuk dapat berakting, menari, dan bernyanyi dalam waktu yang bersamaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]