Paok sayap-biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Infobox spesiesPaok hujan
Pitta moluccensis
Pitta moluccensis - Kaeng Krachan.jpg
Status konservasi
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko rendah
IUCN 22698688
Taksonomi
UpakelasNeognathae ·
SuperordoNeoaves ·
-Inopinaves ·
-Telluraves ·
-Australavis ·
-Eufalconimorphae ·
-Psittacopasserae ·
OrdoPasseriformes ·
FamiliaPittidae ·
GenusPitta ·
SpesiesPitta moluccensis
Müller, 1776
Modifica les dades a Wikidata

Paok sayap-biru (Pitta moluccensis) adalah burung pengicau dalam keluarga Pittidae asli Australia dan Asia Tenggara[1]. Bersama dengan tiga superspesies lainnya, burung ini tidak mempunyai subspesies.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Seorang naturalis Jerman, Philipp Ludwig Statius Müller adalah orang pertama yang mendeskribsikan paok-bersayap biru[2]. Burung ini membentuk superspesies bersama dengan paok bidadari (P. nympha), paok India (P. brachyura), dan paok bakau(P. megarhyncha)[3].

Deskripsi Badan dan Suara[sunting | sunting sumber]

Sayap burung ini tampak diturunkan ke belakang supaya mendapat sinar matahari

Berukuran sedang, yakni 18cm, bertubuh gemuk dan berwarna-warni[1]. Dada nya berwarna merah karat, alis coklat pucat dan punggung berwarna hijau. Sayap biru terang dengan bercak putih, tenggorokan putih, tunggir merah. Iris coklat, paruh kehitaman, kaki coklat pucat.[4] Siulannya keras, berbunyi “pu-wiu, pu-wiu” dengan nada kedua lebih tinggi.Di Kalimantan, suaranya dipercaya merupakan petanda datangnya hujan[4].

Penyebaran dan Habitat[sunting | sunting sumber]

India tenggara, Tiongkok barat daya, dan Asia Tenggara. Pada musim dingin ke Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Di Sumatra (termasuk pulau-pulau sekitarnya) dan kalimantan (termasuk Kep.Natuna), burung migran dan pengunjung musim dingin yang cukup umum terdapat sampai ketinggian 1.000 m. Tercatat di kebanyakan habitat hutan, termasuk kebun. Pengembara kadang-kadang dapat mencapai Sulawesi dan Filipina[4].

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Sering mengunjungi semak-semak, hutan sekunder, dan hutan mangrove. Tidak pernah jauh dari pantai. Berjalan diam-diam, berlompatan di atas tanah seperti anis. Pada malam hari, beristirahat pada semak yang rendah, hanya satu meter di atas tanah. Sering berburu di sepanjang badan air[4][5]. Mereka bermigrasi setiap tahun. Terbang pada malam hari dan pada saat bulan baru[1]. Mereka kebanyakan makan cacing, serangga, dan siput dan memburu mereka di atas dahan atau tenggeran yang rendah.[6][7][8][9] Mereka membangun sarang yang berbentuk bola. Bentuknya agak rumit, dan terbuat dari gabungan akar, rumput, daun dan lumut, seringkali diletakkan di antara akar-akar pohon di dekat air.[9] Telur nya berwarna putih atau krem. Telur Paok-bersayap biru dierami selama 15-17 hari[9]. Jumlah telurnya adalah 3-4 butir[5].

Bahasa Lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Pointers: Burung Rimba. Ganeri, Anita. (Terjemahan). Karisma Publishing Group. Tangerang Selatan.
  2. ^ "Pitta moluccensis". IUCN Red List. IUCN. Diakses tanggal 21 December 2013. 
  3. ^ a b c d http://ibc.lynxeds.com/species/blue-winged-pitta-pitta-moluccensis Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "ibc" didefinisikan berulang dengan isi berbeda Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "ibc" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  4. ^ a b c d http://www.kutilang.or.id/burung/konservasi/paok-hujan/
  5. ^ a b Nelson Khor Blue Winged Pitta Success Nesting
  6. ^ Strange, Morten (2000). Photographic Guide to the Birds of Southeast Asia. Singapore: Periplus. hlm. 220. ISBN 962-593-403-0. 
  7. ^ Nelson Khor Blue Winged Pitta Success Nesting
  8. ^ http://www.clubsnap.com/forums/world-nature/183172-blue-winged-pitta-pitta-moluccensis.html
  9. ^ a b c http://www.kidsbiology.com/animals-for-children.php?animal=Blue-Winged%20Pitta
  10. ^ a b c d e f http://avibase.bsc-eoc.org/species.jsp?lang=ID&avibaseid=AA127B894EAD689E

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "robson05" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Slater1974" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SEAsia03" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Indon03" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BirdLife" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]